Meski Rekrutmen CPNS Dibuka Tiga Kali dalam Setahun, Tapi Pelamar Hanya Boleh Ikut Seleksi Satu Kali

Meski Rekrutmen CPNS Dibuka Tiga Kali dalam Setahun, Tapi Pelamar Hanya Boleh Ikut Seleksi Satu Kali

Meski Rekrutmen CPNS Dibuka Tiga Kali Dalam Setahun, Tapi Pelamar Hanya Boleh Ikut Seleksi Satu Kali--

RADARUTARA.ID- Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan bahwa seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 akan dibuka sebanyak 3 kali dalam 1 tahun. Tetapi, pelamar hanya boleh ikut seleksi satu kali selama periode tahun ini.

Hal ini ungkapkan oleh Haryomo Dwi Putranto selaku Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN). Haryomo menyebutkan bahwa para pelamar cuma bisa memilih salah satu seleksi yang digelar pada tahun ini. Jima sebelumnya sudab mengikuti seleksi, maka pelamar tidak bisa ikut serta dalam tes seleksi periode yang selanjutnya.

"Namun, pelamar cuma bisa mendaftar satu. Tidak boleh kalau ini (tahap pertama) tidak lulus, terus daftar di tahap selanjutnya. Itu tidak boleh," ucap Haryomo, dilansir dari detik finance.

BACA JUGA:Bejat! Ayah Setubuhi Anak Kandung di Bengkulu Utara, Masih Menggunakan Seragam Sekolah

Dirinya juga menjelaskan di tahun ini akan digelar sebanyak tiga kali seleksi. Seleksi CPNS untuk sekolah kedinasan di bulan April, CPNS dan PPPK di instansi pusat di bulan Juni. Lalu CPNS dan PPPK di instansi pemerintah daerah di bulan September.

Hingga sekarang ini pihaknya masih meminta rincian formasi jabatan yang diperlukan kepada setiap instansi. Lalu, pihaknya akan melakukan verifikasi dan validasi.

Kemudian, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan menyetujui rincian formasi tersebut lalu menerapkannya kembali.

"Nah untuk sekarang kita baru minta instansi rincian formasi. Instansi akan merinci jabatan apa saja yang dibutuhkan untuk disampaikan ke BKN lalu dilakukan verifikasi. Nanti disampaikan ke Pak Menteri untuk ditetapkan kembali," terangnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: