Selain Bocor, Ini 7 Penyebab Air Radiator Motor Cepat Habis

Selain Bocor, Ini 7 Penyebab Air Radiator Motor Cepat Habis

Selain Bocor, Ini 7 Penyebab Air Radiator Motor Cepat Habis--

RADARUTARA.ID - Volume air radiator wajib selalu dalam posisi yang tepat, tidak boleh kurang apalagi kalau sampai habis. Jika sudah habis, maka akan membuat pendinginan mesin tak berjalan optimal dan menyebabkan overheat.

Kalau terus-terusan overheat, komponen yang ada di dalam mesin akan mengalami kerusakan lantaran tidak mampu menanggung suhu yang terlalu tinggi. Kerusakan mesin karena kondisi seperti itu dapat menghabiskan biaya yang cukup besar untuk melakukan perbaikan.

Setidaknya ada 7 penyebab air radiator motor cepat habis yang harus kamu waspadai.

1. Selang radiator bocor

Biasanya selang radiator ini terbuat dari bahan karet yang gampang getas seiring dengan pemakaian. Kalau menemukan keretakan, cepat ganti dengan selang radiator yang baru demi mencegah kebocoran.

BACA JUGA:Dandim 0423/Bengkulu Utara Melaksanakan Kunjungan di Pulau Terluar Enggano, Ini Misinya

2. Kisi-kisi radiator bocor

Kisi-kisi radiator mempunyai fungsi dalam membantu melepaskan suhu panas air radiator supaya dingin kembali. Tetapi sayangnya, letak radiator motor yang ada di bagian bawah motor kerap membuat kisi-kisi ini mengalami kerusakan lantaran terjadinya benturan atau terkena serpihan batu ketika motor digunakan. 

3. Tutup pembuangan tidak rapat

Letaknya yang ada di bawah radiator membuat tutup pembuangan air radiator kerap dilewatkan ketika melakukan pengecekan. Kalau tidak tertutup dengan sempurna ada kemungkinan air radiator jadi menetes keluar.

4. Tutup radiator aus

Seiring dengan berjalannya waktu dan terus terkena paparan suhu panas, tutup radiator ini lama-lama akan mengalami keausan yang membuat tidak bisa menutup dengan sempurna.

Kalau sudah mulai mengalami keausan, kemampuannya dalam menjaga air radiator tetap berada di dalam radiator menjadi berkurang. Sehingga air radiator bisa keluar dari rembesan pada tutup radiator ketika motor sedang berjalan.

BACA JUGA:Kata Ustad Khalid Basamalah, Selama Belum Selesai Azan Subuh Masih Boleh Makan Sahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: