Ketahui, Ini 7 Adab Berdoa agar Segera Dikabulkan Allah SWT, Pernah Diterapkan?

Ketahui, Ini 7 Adab Berdoa agar Segera Dikabulkan Allah SWT, Pernah Diterapkan?

Ketahui, Ini 7 Adab Berdoa agar Segera Dikabulkan Allah SWT, Pernah Diterapkan?--

RADARUTARA.ID- Penjelasan dari ayat-ayat Al-Qur'an, Allah SWT selalu menganjurkan muslim untuk memohon doa kepada-Nya. Maka dari itu, perlu pula menjadi perhatian bagi umat muslim tentang adab-adab dalam berdoa.

Allah SWT pun berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 186.

Artinya: Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Rasulullah SAW juga pernah mengungkapkan dalam haditsnya bahwa doa merupakan perkara yang mulia di mata Allah SWT. Dalam riwayat yang lain, Beliau juga pernah bersabda:

Artinya: Mintalah kepada Allah, karena Dia suka diminta. Ibadah yang terbaik adalah menunggu saat salat wajib tiba. (HR Tirmidzi)

BACA JUGA:Cocok untuk Gaming, HP Oppo Terbaru 2024 dijual dengan Rp2 Jutaan dengan Spesifikasi Gahar

Maka dari itu, Imam al-Ghazali dalam Ihya 'Ulumuddin mengungkapkan beberapa adab berdoa supaya diperkenankan oleh Allah SWT. Berikut ini 7 adab berdoa agar segera Dikabulkan Allah SWT

1. Pilih Waktu Terbaik

Waktu terbaik atau waktu istijabah tersebut merupakan waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT bagi umat islam. Walaupun pada dasarnya berdoa tidak kenal akan waktu dan tempat, umat muslim juga harus tetap memperhatikan waktu-waktu musjatab agar doa bisa segera terkabul.

Beberapa waktu di antaranya yaitu pada sepertiga malam terakhir, ketima berbuka puasa, antara azan dan iqamah, ketika azan berkumandang, sujud ketima menunaikan salat, dan ketika turun hujan. 

2. Menghadap Kiblat

Imam Al Ghazali juga menyarankan kepada umat muslim untuk berdoa menghadap kiblat serta mengangkat tangan sampai ketiak terlihat. Hal ini dijelaskan dalam surah Al Baqarah ayat 149-150.

3. Berdoa dengan Rendah Hati

Kemudian, Imam Al Ghazali menyebutkan supaya umat muslim bisa berdoa dengan wajar serta merendahkan diri dan tidak memakau kata yang berlebih-lebihan. Dalam Al-Qur'an surat Al A'raf ayat 55 tercantum adab berdoa supaya rendah hati dan bersuara lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: