Kata Buya Yahya 5 Golongan Orang Ini Puasanya Sia-sia, Kok Bisa?

Kata Buya Yahya 5 Golongan Orang Ini Puasanya Sia-sia, Kok Bisa?

Kata Buya Yahya 5 Golongan Orang Ini Puasanya Sia-sia, Kok Bisa?--

RADARUTARA.ID- Ulama kharismatik yang memiliki nama lengkap, KH Yahya Zainul Ma'arif alias Buya Yahya, mengatakan, ada lima golongan orang yang puasanya sia-sia. Kata Buya Yahya, orang yang masuk golongan tersebut puasanya tidak bermakna.

“Bisa dikatakan tidak berguna (puasanya),” ujar Buya Yahya dikutip dari tayangan YouTube Buya Yahya, Minggu 17 Maret 2024.

Pada kajian Kitab Romadhoniat, itu Buya Yahya, mengungkapkan, golongan pertama adalah orang yang berpuasa tapi masih berbohong. Ia akan menjadi saksi dusta dan tidak pernah meninggalkan pekerjaan yang berkaitan dengan kebohongan. 

Golongan kedua, orang yang berpuasa tapi selalu menggunjing orang lain alias ghibah. Sedangkan golongan ketiga, ialah orang yang selalu mengadu domba. Misalnya, membagikan sesuatu di Medsos yang membuat orang bermusuhan.

“Share sesuatu menjadikan orang bermusuhan. Hari ini ribut orang. Bahasannya (kadang-kadang) urusan agama. Dinaikkan, diangkat, ramai hebat debat ustadz dengan ustadz. Seram. Masya Allah. Semuanya pengikut lihat komentar-komentarnya menghabiskan pahala puasa, caci maki semuanya,” ujar Buya Yahya.

BACA JUGA:Baca! Ini Doa yang Dianjurkan Rasulullah Agar Miliki Sifat Qanaah

Sementara golongan keempat, menurut Buya Yahya, adalah mereka yang berpuasa tapi tidak menjaga mata dari yant diharamkan oleh Allah SWT. Menjaga mata dari yang tidak dihalalkan Allah, bukan sekedar di alam nyata tapi, juga di alam Maya.

“Di alam nyata barangkali masih ada malu untuk kita menatap auratnya dia karena di alam nyata dan dia pun masih manusia yang punya risih mungkin kalau kita lihat, tapi di alam maya siapa yang melarang? Siapa yang malu? Kepada siapa lagi kalau bukan karena Allah?," tambah Buya Yahya.

Dikatakan Buya Yahya, aurat lawan jenis lebih mudah ditemukan di alam Maya ketimbang nyata. 

“Ternyata di alam maya lebih dahsyat lagi urusan aurat. Di alam nyata mungkin ada perempuan yang tersingkap auratnya lalu kita ingin melihatnya terhenti di saat dia sudah mulai sadar kita lihat. Tapi di alam maya kalau tidak sadar tidak akan berhenti, dan ini kadang terjadi di bulan Ramadhan,” ungkap Buya Yahya.

BACA JUGA:Data Terbaru! 16 Jurusan Kuliah Ini Mendapatkan Gaji Paling Kecil Saat Bekerja, Berikut Daftarnya

Dan golongan kelima, orang yang berpuasa tapi tidak bisa menahan syahwatnya, baik syahwat makan, syahwat suami-istri, maupun syahwat mata lainnya termasuk menonton video yang tidak pantas. 

“Karena dia tidak paham makna ini, maka di Ramadhan pun ternyata dia masih asyik dengan tontonan-tontonan yang tidak pantas,” tandasnya.

Masih Buya Yahya, orang yang termasuk golongan ini sama dengan hanya mengganti jadwal makan saja, dari siang ke malam. Sementara ibadah yang dilakukan sia-sia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: