Jangan Berlebihan, Ini Dia Batas Aman Konsumsi Kopi dan Teh Selama Puasa

Jangan Berlebihan, Ini Dia Batas Aman Konsumsi Kopi dan Teh Selama Puasa

Jangan Berlebihan, Ini Dia Batas Aman Konsumsi Kopi dan Teh Selama Puasa--

RADARUTARA.ID- Bagi Anda penggemar minuman kopi dan teh, alangkah baiknya jika memperhatikan batas aman konsumsi selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan ini.

Salah seroang ahli gizi menyebut, batas aman untuk konsumsi kafein selama puasa adalah sekitar 100 mg per hari atau setara dengan sekitar satu cangkir kopi atau 2 cangkir teh.

Dr. Fiastuti Witjaksono, ahli gizi dari Indonesian Nutrition Association (PERSAGI), menjelaskan bahwa kafein dapat menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk membatasi konsumsi kafein agar tidak mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh.

BACA JUGA:Sering Dilupakan, Ini Doa yang Dibaca ketika Berdandan Agar Aura Wajah Makin Terpancar

Meskipun kopi dan teh dapat memberikan dorongan energi selama puasa, terlalu banyak konsumsi kafein dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, gangguan tidur, dan meningkatkan risiko dehidrasi.

Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi konsumsi kopi dan teh selama bulan Ramadan agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa.

Para ahli juga menyarankan agar memilih waktu yang tepat untuk mengonsumsi kafein, seperti sebelum atau setelah waktu berbuka dan sahur, agar efeknya dapat diimbangi dengan asupan cairan yang cukup selama periode berpuasa.

Dengan memperhatikan batas aman konsumsi kopi dan teh selama puasa, umat Muslim dapat menjaga kesehatan tubuh dan mendukung kualitas ibadah mereka selama bulan Ramadan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: