Kapal MH Thamrin Gantikan Penyeberangan, Hari Ini Perdana Bersandar di Pulau Enggano

Kapal MH Thamrin Gantikan Penyeberangan, Hari Ini Perdana Bersandar di Pulau Enggano

Kapal MH Thamrin akan layani pelayaran ke Pulau Enggano--

RADARUTARA.ID - Kapal Motor (KM) Moh Husni Thamrin kini menjadi opsi baru bagi penduduk Pulau Enggano untuk menyeberangi perairan menuju daratan utama. 

KM Moh Husni Thamrin, berfungsi menggantikan kapal sebelumnya yang sudah tidak layak lagi dan  kini melayani penyeberangan ke Pulau Enggano sebagai pengganti KMP Pulo Tello yang sedang menjalani masa docking atau perbaikan berkala.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Pulau Baai Bengkulu, Wigyo Satari, menjelaskan bahwa KMP Pulo Tello telah masuk masa perbaikan sejak 23 Februari 2024 lalu. 

"Selagi masa perbaikan, Kapal MH Thamrin yang beroperasi untuk menunjang kegiatan penyeberangan ke Pulau Enggano," Jelas Wigiyo Satari.

BACA JUGA:AHY: Bikin Sertifikat Tanah Wakaf Gratis, Begini Caranya

Selain menunggu kembali beroperasinya KMP Pulo Tello, pemerintah juga sedang mempersiapkan kapal perintis pengganti, yaitu Kapal Sabuk Nusantara 52, yang saat ini dalam proses pengadaan di Kementerian Perhubungan sebagai pengganti kapal perintis sebelumnya yang telah habis masa kontraknya. 

Keberangkatan perdana kapal ini disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan Enggano, karena meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antara Pulau Enggano dan daratan utama. 

Hal ini diharapkan dapat mendukung kegiatan ekonomi masyarakat dan mempermudah aktivitas masyarakat dari pulau Enggano menuju Provinsi Bengkulu, begitu juga sebaliknya.

"Hari ini KM Moh Husni Thamrin perdana bersandar di pelabuhan Malakoni Kecamatan Enggano,"pungkas Reddy Heloman, Kepala Desa Apoho, Sabtu (16/3/2024).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: