Berikut Ini 7 Tips Mengatasi Maag saat Puasa Agar Tetap Nyaman

Berikut Ini 7 Tips Mengatasi Maag saat Puasa Agar Tetap Nyaman

Berikut Ini 7 Tips Mengatasi Maag saat Puasa Agar Tetap Nyaman--

RADARUTARA.ID- Maag adalah gangguan pada organ lambung yang dirasakan dengan sensasi penuh, terbakar dan nyeri di ulu hati. Kondisi tersebut tentu membuat penderitanya kerap merasa tidak nyaman, apa lagi ketika kambuh pada saat berpuasa. 

Karena, itu ada beberapa cara untuk mengatasi maag saat puasa yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan melonggarkan pakaian, mencukupi waktu istirahat dan konsumsi obat.

Ketika maag kambuh pada saat puasa bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman, terlebih karena perut dalam kondisi kosong.

Oleh sebab, itu ada sejumlah cara untuk mengatasi maaf saat puasa. Berikut ini penjelasannya:

1. Longgarkan Pakaian

Cara mengatasi maag kambuh saat puasa yang pertama yaitu dengan melonggarkan pakaian. Pasalnya, pakaian yang terlalu ketat dapat memberikan tekanan berlebih pada perut sehingga turut memicu asam lambung naik.

BACA JUGA:Peringatan Keras! Pesan Ustadz Adi Hidayat Jangan Lakukan Hal Ini Agar Puasamu Diterima Allah SWT

2. Tinggikan Bagian Atas Tubuh saat Tidur

Sindrom dispepsia saat puasa biasanya dipicu oleh asam lambung naik karena perut dalam keadaan kosong selama beberapa waktu. Oleh karenanya, cara mengatasi maag di bulan puasa yang bisa Anda coba lakukan adalah meninggikan bagian atas tubuh saat tidur dengan menumpuk beberapa bantal.

3. Konsumsi Teh Jahe

Saat memasuki waktu berbuka puasa, Anda dapat segera mengonsumsi teh jahe untuk mengatasi sakit maag di bulan puasa. Jahe mengandung senyawa antioksidan, seperti fenolik dan flavonoid, yang dapat membuat otot dinding lambung menjadi lebih rileks. Selain itu, kandungan gingerol di dalam jahe juga mampu mengatasi rasa mual yang kerap dialami oleh penderita maag.

4. Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi maag saat puasa berikutnya adalah dengan mencukupi waktu tidur, yaitu minimal 7–9 jam sehari. Bila perlu, Anda juga bisa menambah waktu istirahat dengan tidur siang selama 30 menit untuk mencegah maag kambuh.

BACA JUGA:Menu Praktis ala Chinese Food, Resep Ayam Lapis Udang untuk Sahur di Bulan Ramadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: