Tuntas dan Sukses, Uji Kompetensi Keahlian di SMKN 10 Bengkulu Utara Ditutup dengan Doa Bersama

Tuntas dan Sukses, Uji Kompetensi Keahlian di SMKN 10 Bengkulu Utara Ditutup dengan Doa Bersama

Pemotongan tumpeng menandai suksesnya agenda UKK di SMKN 10 Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID- Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun ajaran (TA) 2023-2024 berhasil dikuti dan dilaksanakan oleh 229 siswa/i kelas XII terdiri dari jurusan DKV, Broadcasting, TKR dan TSM serta Askep di lingkungan SMKN 10 Bengkulu Utara, Desa Suka Makmur, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS).

UKK di lingkungan SMKN 10 Bengkulu Utara yang sempat ditinjau langsung oleh Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Bengkulu Utara ini berlangsung tuntas dan sukses sejak 26 Februari-5 Maret 2024.

Dan sebagai wujud syukur, penyelenggaraan UKK di lingkungan SMKN 10 Bengkulu Utara tersebut ditutup dengan acara doa bersama yang ditandai dengan kegiatan potong tumpeng yang dipimpin oleh Kepsek SMKN 10 Bengkulu Utara, Saipul, M.Pd, beserta Komite dan dewan guru.

"Alhamdulillah, seluruh siswa/i kita di kelas XII telah berhasil mengikuti rangkaian UKK dengan tuntas dan sukses," ujar Kepsek SMKN 10 Bengkulu Utara, Saipul, M.Pd.

Dijelaskan Saipul, UKK adalah penilaian yang diselenggarakan khusus nagi siswa/i SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi. Dan UKK, ini kata Saipul, selalu dilaksanakan di akhir masa studi oleh lembaga sertifikasi profesi atau satuan pendidik terakreditasi bersama mitra dunia usaha atau industri (Dudi). Selanjutnya kata Saipul, hasil UKK ini akan menjadi indikator bagi peserta didik dalam mencapai standar kompetensi kelulusan.

"Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK ini menjadi sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki oleh calon tenaga kerja. Sehingga ketika anak didik kita nanti keluar dari sekolah, maka keahlian atau kemampuan mereka sudah tidak diragukan lagi alias sudah siap untuk bekerja," pungkas Kepsek.

Ditambahkan Saipul, materi UKK sendiri di susun berdasarkan skema sertifikasi yang mengacu kepada jenjang kualifikasi peserta uji yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional atau jaminan mutu. Dan soal yang dikerjakan di dalam UKK, ini berbentuk penugasan atau bentuk lain yang secara individual untuk membuat suatu produk atau keahlian sesuai tuntutan standar kompetensi. 

"Harapan kami dengan UKK, ini semoga setiap anak bisa memiliki lisensi, karena mekanisme penilaian UKK ada dua yakni dari penguji internal (sekolah) dan penguji eksternal yaitu dari dunia usaha atau industri yang biasa disebut Dudi," pintanya.

Lebih jauh, masih Saipul, rangkaian UKK di lingkungan sekolah pun, telah ditutup dengan acara doa bersama sebagai tanda syukur atas terselenggaranya dan keberhasilan siswa/i dan sekolah dalam mengikuti kegiatan.

"Sebagai wujud syukur atas terselenggaranya kegiatan UKK yang berjalan tuntas dan sukses, sekaligus dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1445 H. Maka akhir dari seluruh kegiatan UKK kemarin, kita tutup dengan acara doa bersama dan potong tumpeng yang diikuti oleh Komite dan seluruh dewan guru," demikian Saipul.(Adv)


Rangkaian UKK SMKN 10 Bengkulu Utara--


Rangkaian UKK SMKN 10 Bengkulu Utara--

LP
Rangkaian UKK SMKN 10 Bengkulu Utara--


Rangkaian UKK SMKN 10 Bengkulu Utara--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: