Ketahui, Ustadz Adi Hidayat Sarankan 3 Amalan Pokok yang Harus Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

Ketahui, Ustadz Adi Hidayat Sarankan 3 Amalan Pokok yang Harus Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

Ketahui, Ustadz Adi Hidayat Sarankan 3 Amalan Pokok yang Harus Dilakukan Saat Bulan Ramadhan--

RADARUTARA.ID- Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh semua umat muslim di dunia. Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan penuh dengan amalan-amalan dan bertebar pahala.

Ketika bulan Ramadhan, kita diwajibkan untuk melakukan puasa selama satu bulan penuh lamanya, berpuasa ketika bulan Ramadhan juga di dasari dengan niat serta keseriusan. Pasalnya kalau tidak, maka orang tersebut tidak akan memperoleh kenaikan taqwa dan jaminan 4 kemuliaan. 

Bukan hanya 4 kemuliaan di bulan Ramadhan, ada pula 3 amalan pokok saat bulan Ramadhan yang bisa kita kerjakan sebagai umat muslim, diantaranya.

1. Meningkatkan shalat

Di bulan Ramadhan, meningkatkan shalat disini maknanya yang biasanya ketika bulan-bulan biasa menunaikan shalat fardhu, namun di bulan Ramadhan ditambah dengan shalat sunnah.

Shalat sunnah contohnya seperti shalat rawatib yang dilakukan sebelum dan setelah shalat fardu, selain shalat rawatib ada pula shalat dhuha, shalat tahajud, dan lainnya.

BACA JUGA:Inspirasi Hidangan Istimewa untuk Berbuka, Ini Resep Es Campur Manalagi Cocok untuk Pelepas Dahaga

2. Banyak berinteraksi dengan Al-Qur'an.

Berinteraksi dengan Al-Qur'an disini memiliki 3 cara, yakni dengan banyak membaca (qiroah) atau bisa membuat target ketima bulan Ramadhan, memiliki target khatam 1 Alqur'an, bertilawah serta mengkaji ayat-ayat Al-Qur'an.

3. Berinfaq

Nabi Muhammad SAW adalah seseorang yang dermawan dan lemah lembut, apalagi kalau sudah memasuki bulan Ramadhan. Nabi Muhammad SAW selalu mensupport para sahabat dengan mencari seseorang yang memiliki anggaran untuk berinfaq.

Berinfaq juga bukan cuma dengan memberikan uang ke kotak amal, tetapi infaq bisa dengan cara memberikan makanan untuk berbuka puasa meskipun hanya dengan sebiji kurma.

"Barang siapa yang memberi makanan berbuka pada orang yang berpuasa, dia akan mendapat pahala seperti pahala orang tersebut tanpa mengurangi pahalanya sedikit pun." (HR At-Tirmidzi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: