Google Sponsor Israel, Ini Search Engine Aman Pengganti Google

Google Sponsor Israel, Ini Search Engine Aman Pengganti Google

Google Sponsor Israel, Ini Search Engine Aman Pengganti Google--

RADARUTARA.ID - Sebuah acara tahunan yang mempromosikan produk industri Israel bertajuk Mind the Tech baru-baru ini diprotes keras oleh 600 karyawan Google. Banyak insinyur Google yang menolak kebijakan perusahaan yang menentang digunakannya teknologi yang dihasilkan oleh mereka untuk kepentingan Israel.

Konferensi Mind the Tech sendiri berlangsung selama dua hari, dimulai pada 4 Maret 2024 hingga 5 Maret 2024 dengan kegiatan utama pameran industri Israel.

"Mohon menarik diri dari Mind the Tech, menyampaikan permintaan maaf, dan mendukung Googlers (staf lama di Google) serta pelanggan yang putus asa atas banyaknya korban jiwa di Gaza; kami membutuhkan Google untuk berbuat lebih baik," bunyi surat para staf dikutip dari Wired, Rabu (6/5/2024).

Diketahui, Google sendiri merupakan 'sponsor emas' atau salah satu sponsor utama dalam kegiatan konferensi tersebut tentu memberikan kontribusi finansial yang besar. Selain itu, Google juga memperbolehkan Israel menggunakan seluruh teknologinya untuk digunakan dalam kepentingan militer Israel.

Bagi para pengguna ponsel dan fitur pencarian atau searh, jika tak ingin menggunakan fitur Google lagi, bisa menggunakan berbagai layanan searc engine atau mesin pencari lainnya.

Beberapa mesin pencari yang cukup populer dan aman digunakan serta tidak dimata-matai diantaranya: 

1. DuckDuckGo

DuckDuckGo.com adalah mesin pencari terbaik saat ini. Pasanya, DuckDuckGo menyajikan layanan utama penghentian tracking dan pemantauan pengguna dari sebuah website.

Jika Anda mendownload browser DuckDuckGo di Playstore, anda bisa juga menjadikannya sebagai browser utama dan mengaktifkan fitur anti tracking. Jadi aplikasi-aplikasi yang terinstal di ponsel anda tidak akan bisa lagi memantau aktifitas anda. Ini dilakukan oleh DuckDuckGo dengan membuat lokal VPN yang digunakan untuk mencegat akses data oleh aplikasi dan website yang anda kunjungi.

2. Brave

Brave adalah browser web dan mesin pencari yang dikenal karena fokusnya yang kuat pada privasi dan kecepatan. Itu tidak melacak pengguna atau pencarian mereka.

Brave Search diluncurkan pada tahun 2021. Menurut situs web Brave, Brave Search telah berkembang lebih cepat daripada penyedia pencarian mana pun sejak Bing, mendorong 2,5 juta kueri di tahun pertama.

Pribadi, independen, dan transparan, Brave Search adalah alternatif yang layak untuk Google.

Dan tidak seperti banyak mesin pencari yang berfokus pada privasi lainnya, itu tidak bergantung pada Google dan Microsoft untuk menyediakan hasil pencarian. Brave memberikan hasil pencarian berdasarkan indeksnya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: