Budidaya Ikan Gurame Program Ketahanan Pangan di Desa Cipta Mulya Sukses, Masyarakat Nikmati Hasilnya

Budidaya Ikan Gurame Program Ketahanan Pangan di Desa Cipta Mulya Sukses, Masyarakat Nikmati Hasilnya

Panen ikan program ketahanan pangan Cipta Mulya--

RADARUTARA.ID- Budidaya ikan Gurame yang dilaksanakan oleh Pemdes Cipta Mulya, Kecamatan Putri Hijau melalui dukungan program ketahanan pangan yang bersumber dari dana desa (DD) TA 2023 sukses. Kesuksesan, itu terlihat dari hasil panen raya yang dilaksanakan oleh jajaran Pemdes Cipta Mulya di kolam milik desa bersama Karang Taruna Desa Cipta Mulya pada hari Selasa (5/3), lalu.

Tak tanggung-tanggung, hasil panen ikan gurame dalam ukuran layak konsumsi itu langsung didistribusikan oleh Pemdes Cipta Mulya bersama jajaran Karang Taruna kepada masing-masing warga yang sejauh ini tidak memiliki kolam dan tidak sempat melakukan budidaya secara langsung di kolam pribadinya.

"Alhamdulillah, budidaya ikan gurame yang kita realisasikan melalui program ketahanan pangan di TA 2023 lalu, hari ini berhasil kita panen. Hasilnya pun, tidak terlalu mengecewakan dan langsung dinikmati oleh masyarakat," ungkap Kades Cipta Mulya, Miswanto.

BACA JUGA:Terkait Pengawasan Wilayah Buffer Zone di Areal HGU PT Air Muring, Ini Kata Kadis DLH Bengkulu Utara

Miswanto atau akrab disapa Gendon, mengungkapkan, bahwa dalam program ketahanan pangan di TA 2023, lalu. Pemdes  telah menyerahkan 28.000 ekor gurame beserta pakan.

Dengan rincian sebanyak 25.000 ekor bibit beserta pakannya telah diserahkan dan dikelola langsung oleh masyarakat melalui media kolam pribadinya, sedangkan 3.000 ekor bibit lainnya diserahkan dan dikelola melalui kolam milik Karang Taruna. 

"Dengan target Ikan yang berhasil dibudidayakan atau dikelola oleh Karang Taruna, ini kita distribusikan kepada masyarakat golongan kurang mampu (tidak memiliki kolam). Dan hari, ini hasil panen yang berasal dari kolam Karang Taruna itu sudah kita serahkan ke masyarakat untuk dinikmati bersama-sama," pungkas Kades.

Selebihnya Gendon, berharap, seluruh hasil budidaya ikan gurame baik yang dikelola langsung oleh masyarakat secara pribadi maupun melalui Karang Taruna desanya, itu bisa dibudidayakan secara berkelanjutan.

"Beberapa ikan yang masih produktif kita harapkan bisa terus dibudidayakan atau dikembangkan. Selebihnya, dukungan terhadap program ketahanan pangan melalui sektor lainnya di tahun anggaran berjalan, akan terus kita pacu sampai kebutuhan pangan masyarakat ditingkat desa kedepannya benar-benar terpenuhi secara mandiri," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: