Bisa Menampung 5.000 Anggota, Ini Dia Cara Buat Komunitas di WhatsApp

Bisa Menampung 5.000 Anggota, Ini Dia Cara Buat Komunitas di WhatsApp

Bisa Menampung 5.000 Anggota, Ini Dia Cara Buat Komunitas di WhatsApp--

RADARUTARA.ID- Aplikasi WhatsApp telah merilis fitur Komunitas untuk para seluruh pengguna di Tanah Air. 

Fitur Komunitas tersebut diketahui telah dirilis secara global dan adapun fungsi utama yaitu fitur  untuk menggabungkan berbagai grup dalam satu wadah. 

Jadi, melalui Fitur ini admin Komunitas bisa menggabungkan bermacam macam grup yang berkaitan dalam satu grup besar.

Misal salah satu contohnya, grup perangkat desa antar wilayah kecamatan bisa digabungkan dalam Komunitas grup Pemerintah Kabupaten/kota. Dimana seluruh anggota grup yang masuk Komunitas tersebut, bisa melihat grup apa saja yang tergabung didalamnya.

Namun begitu, para anggota dari masing-masing grup tidak akan bisa melihat siapa saja member di dalam grup lain. Kemudian, seluruh anggota maupun admin dari grup-group kecil itu, juga tidak bisa membuka grup lain.

BACA JUGA:Waspada, Ada Kurma Asal Israel Beredar di Pasaran, Begini Cara Membedakannya

Mereka hanya bisa masuk atau bergabung ke grup kecil lainnya jika sudah mendapatkan izin admin Komunitas. Misalnya, anggota grup kecamatan A tidak akan bisa melihat isi grup kecamatan B.

Selain itu, fitur Komunitas ini juga bersifat satu arah. Yang artinya, hanya admin saja yang bisa mengirimkan pesan ke ruang obrolan (chatroom) Komunitas. Sementara itu, anggota Komunitas hanyalah penerima informasi saja. Sebab, Anggota komunitas tidak bisa mengirim pesan atau merespon chat, meski hanya dengan reaksi emoji.

Melakui fitur komunitas WhatsApp ini memiliki kelebihan lain yaitu, bisa menampung 5.000 anggota. Selain itu, Admin juga dapat mengunggah konten dalam bentuk apapun. Baik itu, pesan, foto, video bahkan juga dokumen dengan ukuran maksimal 2GB sekali kirim.

Adapun kemampuan admin selanjutnya yaitu,  dapat menghapus pesan yang dinilai tak pantas. Komunitas juga memiliki fitur panggilan video 32 partisipan dalam satu kali akses serta polling chat.

BACA JUGA:Berikut Cara Aman Keluar Group WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengguna Lain

Lantas bagaimana cara membuat WhatsApp Komunitas (Community)? berikut ini selengkapnya.

1. Buka aplikasi WhatsApp dan klik ikon komunitas yang ada di pojok kiri atas dan klik Komunitas baru.

2. Masukkan nama komunitas, deskripsi dan foto yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: