Silahkan Dicoba, Berikut 8 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Bugar dan Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa

Silahkan Dicoba, Berikut 8 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Bugar dan Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa

Silahkan Dicoba, Berikut 8 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Bugar dan Tidak Mudah Lemas--

RADARUTARA.ID- Puasa Ramadhan 2024 semakin dekat. Pastinya Anda, akan mempersiapkan diri untuk mulai puasa. Apa lagi, saat berpuasa tubuh mudah lemas akibat mengalami kekurangan akibat tidak mendapat asupan energi yang cukup. Lalu bagai mana cara agar tubuh tetap sehat dan bugar serta tidak mudah lemas saat puasa?

Tenang, berikut ini beberapa tips atau cara agar tubuh tetap sehat dan bugar serta tidak mudah lemas saat puasa. 

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan tubuh lemas, fokus berkurang, bibir pecah-pecah, serta sakit kepala. Apalagi, tubuh membutuhkan asupan cairan sebanyak 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas.

Untuk itulah, saat berpuasa Anda, perlu membuat aturan minum air putih dengan pola 2-2-4, yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat makan malam.

Selain, itu pastikan Anda, menghindari minuman manis saat sedang berpuasa karena bisa membuat tubuh cepat haus.

Anda, bisa menggunakan botol minum dengan ukuran 250ml berikut untuk memudahkan dalam mengukur jumlah cairan yang masuk ke tubuh saat buka puasa.

BACA JUGA:5 Desa di Napal Putih Ini Belum Ada Progres Usulan ADD/DD Sama Sekali

2. Jaga Porsi Makan

Ketika puasa, pastikan kamu menjaga porsi makanan yang dikonsumsi, baik saat sahur ataupun ketika sedang buka puasa. Hindari mengonsumsi makanan secara berlebihan dengan alasan untuk mengisi energi di saat berpuasa.

Konsumsi porsi besar justru akan menyebabkan tubuh mengantuk dan perut menjadi kembung. Jadi, pastikan Anda, makan dengan porsi yang biasa Anda, konsumsi sehingga perut  tidak kaget, terutama saat sahur.

Selain itu, pastikan menu sahur dan buka puasa memiliki kandungan yang sehat dan bergizi lengkap, seperti buah-buahan dan sayuran.

3. Lakukan aktivitas seperti Biasa

Hindari menjadikan alasan kelaparan sebagai jaminan untuk tidak melakukan aktivitas apapun. Saat puasa, Anda pun tetap perlu melakukan aktivitas seperti biasa agar lebih produktif dan juga bisa menjaga kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: