Hadist dan Firman Allah tentang Makna Puasa Ramadhan 2024

Hadist dan Firman Allah tentang Makna Puasa Ramadhan 2024

Jadwal dan Makna Puasa Ramadhan 2024--

RADARUTARA.ID - Puasa Ramadhan adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Puasa Ramadhan memiliki banyak keutamaan dan hikmah yang dapat meningkatkan kualitas iman dan takwa. Puasa Ramadhan juga merupakan ibadah yang tidak ada tandingannya, karena Allah SWT menyandarkan puasa kepada diri-Nya dan akan membalas pahalanya secara berlipat ganda.

Namun, sebelum menjalankan ibadah puasa, umat Islam perlu mengetahui kapan awal dan akhir bulan Ramadhan. Hal ini penting untuk menentukan kapan mulai berpuasa dan kapan merayakan Idul Fitri. Selain itu, umat Islam juga perlu mengetahui makna puasa, yaitu menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa, serta meningkatkan amal sholeh dan ketaatan kepada Allah SWT.

Jadwal Puasa Ramadhan 2024

Menurut kalender Hijriah, bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan yang dimulai dengan melihat hilal atau bulan sabit di ufuk barat setelah matahari terbenam. Berdasarkan perhitungan astronomi, bulan Ramadhan 1445 H atau 2024 M diperkirakan akan dimulai pada tanggal 12 Maret 2024 dan berakhir pada tanggal 9 April 2024. Namun, penetapan awal dan akhir Ramadhan masih harus dikonfirmasi dengan sidang isbat yang dilakukan oleh pemerintah dan organisasi-organisasi Islam.

KLIK - TAHAN GAMBAR DI BAWAH INI, KEMUDIAN SIMPAN ATAU DOWNLOAD JADWAL IMSAK DAN  BUKA PUASA TAHUN 2024 UNTUK KABUPATEN BENGKULU UTARA 


Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2024 Kabupaten Bengkulu Utara --

Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat pada tanggal 10 Maret 2024 untuk menetapkan awal Ramadhan berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi dan rukyatul hilal atau pengamatan bulan sabit di 134 titik di seluruh Indonesia. Sidang isbat ini akan diikuti oleh perwakilan dari ormas-ormas Islam, lembaga-lembaga astronomi, dan para ulama.

Sementara itu, Muhammadiyah sebagai salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia telah menetapkan awal Ramadhan 1445 H jatuh pada tanggal 11 Maret 2024 berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Muhammadiyah juga menetapkan 1 Syawal 1445 H atau hari raya Idul Fitri 2024 jatuh pada tanggal 10 April 2024.

Makna Puasa Ramadhan 2024

Puasa Ramadhan memiliki makna yang mendalam bagi umat Islam. Secara bahasa, puasa berasal dari kata ‘imsak’ yang artinya menahan diri atau ‘shaum’ yang artinya mengekang diri dari sesuatu. Secara istilah, puasa adalah beribadah kepada Allah SWT dengan menahan diri dari makan, minum, dan pembatal puasa lainnya, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Puasa Ramadhan hukumnya wajib berdasarkan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183).

Puasa Ramadhan juga merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap Muslim. Rasulullah SAW bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: