Tamat Kaji, Tradisi Suku Lembak Bengkulu yang Masih Bertahan Sampai Saat Ini

Tamat Kaji, Tradisi Suku Lembak Bengkulu yang Masih Bertahan Sampai Saat Ini

Tamat Kaji, Tradisi Suku Lembak Bengkulu yang Masih Bertahan Sampai Saat Ini--

RADARUTARA.ID - Indonesia memang memiliki kekayaan akan suku dan bangsanya dengan beraneka ragam budaya yang masih tetap bertahan sampai saat ini, salah satu suku yang masih tetap melestarikan adat dan budaya yaitu suku Lembak.

Suku Lembak adalah suku yang mendiami provinsi Bengkulu. Suku Lembak merupakam pemeluk agama Islam sehingga budayanya banyak yang bernuansakan Islam, selain itu juga masih ada pengaruh dari kebudayaan lainnya. Berikut ini penjelasan salah satu budaya dan Simbol suku Lembak yang bernuansakan Islam.

Tamat kaji merupakan sebuah upacara adat yang dilakukan sebagai bentuk ungkapan atas rasa syukur karena si anak telah mampu membaca Al-Quran. Kepandaian membaca al-quran di dalam masyarakat Lembak adalah sebuah keharusan dan kebanggaan dalam keluarga.

BACA JUGA:Cara Memasak Gulai Tapau Ikan Palau, Kuliner Bengkulu Selatan yang Wajib Dicoba

BACA JUGA:Infinix Smart 8 Pro Mulai Dirilis di Indonesia, Harganya Cuman Rp1 Jutaan

Ditengah-tengah masyarakat Lembak kemampuan seorang anak membaca al-quran dengan baik mempunyai nilai penghargaan yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh hampir segala aktivitas di dalam masyarakat Lembak sangat kental dengan kebiasaan membaca Al Qur’an.

Seseorang baru dianggap tokoh masyarakat kalau dia sudah terbiasa di undangan untuk bersama-sama membaca Al Qur’an khususnya pada saat prosesi berduka atas meninggalnya salah satu anggota keluarga.

Sekian penjelasan mengenai salah satu kebudayaan yang bernuansakan Islami fi suku Lembak yang masih tetap di pertahankan sampai saat ini, semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan sosial mengenai adat dan kebudayaan di Tanah Air.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: