Mengenal Program Desa BRILian, Program yang Bisa Membuat Desa Dapat Uang Rp1 Miliar

Mengenal Program Desa BRILian, Program yang Bisa Membuat Desa Dapat Uang Rp1 Miliar

Mengenal Program Desa BRILian. Program Yang Bisa Membuat Desa Dapat Uang Rp 1 Miliar --

RADARUTARA.ID- Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan program Desa BRILian dengan hadiah sebesar Rp 1 Miliar untuk satu desa terbaik.

Lalu apa itu program Desa BRILian?

Program Desa BRILian merupakan salah satu program unggulan BRI yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas pengelolaan desa untuk kemajuan desa. 

Melalui program tersebut, BRI berharap bagi desa yang ikut serta dalam program ini bisa mengoptimalkan seluruh potensi desa yang ada untuk kemajuan pembangunan desa.

Lantas apa saja manfaat yang dapat dirasakan bagi desa yang terpilih dalam lomba desa BRILian? dan seperti apa alur kegiatan Desa Brilian tersebut? Berikut selengkapnya:

BACA JUGA:Mau Desa Anda Dapat Uang Rp1 Miliar? Ikuti Program Ini

Manfaat Bagi Desa

Bagi desa yang mendapatkan program Desa Brilian akan merasakan berbagai manfaat di antaranya pelatihan online gratis yang bertujuan untuk memajukan desa melalui peningkatan kapasitas serta kapabilitas manajemen desa, penyediaan konsultasi, serta kesempatan untuk mendapatkan berbagai penghargaan.

Program ini juga memiliki beberapa aspek pemberdayaan yaitu BUMDes, Inovasi Desa, Digitalisasi Desa serta keberlangsungan desa.

Untuk dapat merasakan manfaat tersebut, BRI juga telah menetapkan beberapa kriteria bagi desa yang memperoleh program Desa BRILian di antaranya yaitu desa tersebut memiliki BUMDes yang aktif, kemudian BUMDes memiliki rekening simpanan BRI, dan juga harus punya produk unggulan kawasan pedesaan.

BACA JUGA:Per 1 Maret 2024, Harga LPG 5,5 Kg dan 12 Kg di Seluruh Indonesia Resmi Jadi Segini

Alur Kegiatan

Bagi seluruh desa yang terdaftar mengikuti program Desa BRILian diwajibkan mengikuti seluruh alur kegiatan mulai dari awal hingga akhir. Adapun tahapannya, yaitu sebagai berikut :

Tahap pertama, desa akan digali mengenai potensinya. Kemudian tahap kedua, pihak BRI akan turun melakukan kunjungan guna menggali informasi dan potensi desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: