Perbandingan Harta Kekayaan 7 Presiden Indonesia, Ini Presiden Terkaya

Perbandingan Harta Kekayaan 7 Presiden Indonesia, Ini Presiden Terkaya

Perbandingan Harta Kekayaan 7 Presiden Indonesia, Siapa yang Paling Miskin?--

RADARUTARA.ID - Presiden adalah orang nomor satu dan menjadi penggerak utama di negeri ini, harta kekayaannya sering kali menjadi sorotan bagi masyarakat, dan memang sudah seharusnya harta kekayaan presiden diperlihatkan secara transparan.

Adapun dari 7 Presiden Indonesia yang sudah menjabat dan sedang menjabat sampai sekarang ini, beberapa diantaranya ada yang paling menarik. Kalau dihitung-hitung, maka Presiden ke-4 Indonesia, yaitu Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi presiden yang mempunyai harta kekayaan paling kecil diantara enam Presiden Indonesia lainnya.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2001, Gus Dur mempunyai kekayaan sebesar Rp 3,49 miliar. Kekayaan itu sumbernya dari tanah dan bangunan miliknya, transportasi, logam mulia, surat berharga, giro dan juga kas.

BACA JUGA:Di Dapil IV, PKS dan PKB Berhasil Kumpulkan 3.000 Lebih Suara, PDIP Terancam Gagal Raih 4 Kursi

Berikut ini daftar lengkap kekayaan tujuh Presiden Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

1. Soekarno

Memurut sebuah koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012, di tahun yang sama pernah menyebut data kekayaan Soekarno senilai US$ 180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS).

Adapun, koran Kronen Zeitung merupakam salah satu koran paling tua di Austria. Mereka terbit sejak 2 Januari 1900.

2. Soeharto

The United States Treasury mendeteksi adanya perpindahan uang dengan jumlah banyak sebesar US$ 9 miliar ke bank di Austria di tahun 1998 setelah Soeharto lengser. Uang tersebut adalab milik Presiden kedua itu.

Tetapi angka tersebut dipercaya cuma sebagian dari harta yang dipunya oleh Soeharto selama masa jabatannya pada masa periode 1966 hingga 1998.

BACA JUGA:Hasil Sementara Real Count DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, Suara Partai Nasdem Melejit di Dapil III

3. B.J. Habibie

Belum diketahui secara pasti berapa banyak harta kekayaan yang dimiliki BJ Habibie, tetapi sebuah media cetak Asia Far Eastern Economic Review pernah menyebutkan bahwa harta BJ Habibie mencapai US$ 60 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: