10 Golongan Orang Ini Rajin Sholat, tapi Amalannya Ditolak dan Sia-sia, Siapa Saja?

10 Golongan Orang Ini Rajin Sholat, tapi Amalannya Ditolak dan Sia-sia, Siapa Saja?

10 Golongan Orang Ini Rajin Sholat, tapi Amalannya Ditolak dan Sia-sia, Siapa Saja?--

RADARUTARA.ID- Sholat adalah tiang agama dan kewajiban bagi umat muslim. Bahkan meskipun sedang dalam kondisi sakit pun, kaum muslim tetap diwajibkan mengerjakan Sholat lima waktu.

Rasulullah SAS mengatakan, sholat menjadi amalan yang paling pertama akan dihisab oleh Allah SWT di akhirat nantinya. Abu Hurairah RA mengutip sabda Nabi Muhammad SAW:

"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta'ala berfirman, 'Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah.' Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari sholat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya." (HR Tirmidzi dan An Nasa'i)

Meskipun sudah menjalankan sholat lima waktu, bahkan secara tepat, tapi ada beberapa golongan orang yang sholat namun amalannya itu menjadi sia-sia alias tidak diterima. Lantas apa yang mereka lakukan hingga semuanya sia-sia?

BACA JUGA:Pertalie Akan Dihapus dan Diganti dengan Produk Baru Ini, Segini Harga per Liternya

Nah siapa saja golongan orang yang sholat tapi, amalannya ditolak? Berikut penjelasannya:

Golongan Sholat tapi Amalannya Tidak Diterima

Pada buku Membuka Tirai Kegaiban oleh Jalaludin Rakhmat, apa bila sholat seseorang tidak mendatangkan kenikmatan, maka kemungkinan besar amalan tersebut belum diterima oleh Allah SWT. Sedangkan jika sholat seseorang diterima, maka amalan lain pun akan diterimanya, bahkan bisa dalam bentuk tidak terduga. 

Kendati demikian, ada beberapa golongan orang yang sholat tapi amalannya tidak dit Rima. Dikutip dari Misykat Al-Mashobiih, Rasulullah SAW bersabda tentang golongan orang yang sholatnya tidak diterima:

"Terdapat tiga kelompok yang sholatnya tidak terangkat meskipun hanya sejengkal dari atas kepalanya (tidak diterima oleh Allah SWT). Ketiga golongan tersebut pertama, orang yang mengimami sebuah kamu akan tetapi kaum itu membencinya. Kedua, istri yang tidur sementara suaminya sedang marah kepadanya. Ketiga, dua saudara yang saling mendiamkan (memutuskan hubungan)." (HR Ibnu Majah)

BACA JUGA:Mengapa Doa Jadi Sulit Dikabulkan Allah? Kata Ustaz Adi Hidayat Ini 4 Penyebabnya

Di sisi lain, menurut sumber lain dalam kitab Nashaihul Ibad Syarah Al Munabbihaar Alal Istidaad Li Yaumil Ma'aad karangan Muhammad Nawawi bin Umar Al-Jawi, diterangkan jika Rasulullah SAW p tanah menyebut 10 golongan orang yang sholatnya tidak diterima.

عشرة نفر لن يقبل الله تعالى صلاتهم

Artinya: "Sepuluh orang yang sholatnya tidak diterima Allah SWT."

Rasulullah SAW kemudian menyebutkan satu demi satu golongan orang yang sholatnya tidak diterima Allah SWT, mulai dari:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: