Lemea, Makanan Khas Suku Rejang di Bengkulu yang Berbahan Dasar Rebung

Lemea, Makanan Khas Suku Rejang di Bengkulu yang Berbahan Dasar Rebung

Lemea, Makanan Khas Suku Rejang di Bengkulu yang Berbahan Dasar Rebung--

RADARUTARA.ID - Di pulau Sumatera pohon bambu muda dapat dijadikan sebagai menu utama atau juga tambahan ketika menyantap nasi, namun sebelumnya bambu muda tersebut sudah diolah terlebih dahulu sedemikian rupa, ada berbagai macam jenis, contohnya seperti rebung dan lemea. lemea adalah makanan khas dari Suku Rejang.

Suku Rejang adalah suku tertua di Pulau Sumatera selain suku bangsa Melayu, suku ini mendiami Kabupaten Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Utara dan beberapa menyebar ke wilayah Sumatera Selatan.

Lemea makanan khas Rejang yang berbahan dasar bambu muda, dengan cara dicincang dan dicampur ikan air tawar. Ikan yang digunakan seperti ikan mujair, sepat, ataupun ikan-ikan kecil yang hidup di air tawar.

BACA JUGA:Viral di Media Sosial, Ahok Sebut Gibran dan Jokowi Tidak Bisa Kerja

Setelah cincangan rebung yang dicampur dengan ikan tersebut, kemudian diaduk-aduk, dan adonan tersebut disimpan ke dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang lalu ditutup rapat. Proses pengeraman ini umumnya minimal memakan waktu sampai tiga hari. Lalu, adonan tadi bisa dijadikan gulai sebagai lauk yang disantap dengan nasi hangat.

Sebelum pengeraman, lemea dimasak dengan cara yang tidak jauh berbeda dengan tempoyak, lemea memiliki aroma yang kurap sedap. Baunya ini adalah efek dari pembusukan dari ikan yang dicampur dengan rebung. Walaupun baunya yang tidak sedap, namun banyak yang menyukainya.

Keunikan dari aroma dan cita rasa yang dihasilkan oleh lemea, menjadikan makanan ini bukan hanya disukai oleh suku Rejang saja.

BACA JUGA:Bikin Makan Jadi Nambuh! Simak Resep Gulai Rebung Asam dari Bengkulu

Lemea lebih nikmat kalau dimasak dengan campuran santan yang ditambahkan dengan ikan air tawar ataupun ikan laut. Biasanya, lemea dimasak dengan ditambah dengan ikan mas, tongkol, ataupun ikan lainnya.

Lemea bercita rasa asam dan pedas unik dan gurih saat dimakan. Makanan ini juga akan lebih nikmat jika ditambah dengan lalapan khas Bengkulu seperti jengkol, petai dan kabau. Untuk bisa menjumpai makanan khas dari Suku Rejang ini kamu bisa mendatangi Kabupaten Rejang Lebong, dan Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu.

Dua kabupaten ini mempunyai keindahan alam yang menakjubkan. Jadi menarik untuk wisata alam dan wisata kulinernya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: