Optimalkan Pengelolaan PAD, Dua Pasar Milik Dinas Perdagangan Dihibahkan ke Desa

Optimalkan Pengelolaan PAD, Dua Pasar Milik Dinas Perdagangan Dihibahkan ke Desa

Penyerahan pasar desa di Kecamatan Giri Mulya--

GIRI MULYA, RADARUTARA.ID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bengkulu Utara mengoptimalkan pengelolaan pasar

Mengingat, pasar tersebut berada di desa, maka Dinas Perdagangan menyetujui alih pengelolaan pasar dikelola oleh desa.

Hal itu dilakukan, agar secara pengelolaan lebih maksimal jika pasar tersebut dikelola oleh desa guna meningkatkan pendapatan asli desa (PADes). 

BACA JUGA:Anggota DPRD Bengkulu Utara Hadiri Musrenbangcam, Semua Usulan Masyarakat Dapil II Siap Dikawal

Kepala Disdag Bengkulu Utara, Siti Qoriah menyebut, pasar yang beroperasi di Kecamatan Giri Mulya secara pengelolaan masih dikelola oleh Disperindag melalui UPTD. 

"Pasar yang diserahkan adalah asetnya, jadi di Desa Giri Mulya dan Suku Makmur tersebut pasarnya selama ini didanai melalui APBD. Namun karena lokasinya didesa, akan lebih efisien dan produktif jika dikelola langsung oleh desa," ujarnya.

Maka dari itu, pihaknya meminta kepada seluruh desa yang pengelolaannya didesa tersebut, untuk mengajukan hibah pengelolaan pasar. 

Menurutnya, pelepasan aset tersebut bisa dilakukan sesuai pengajuan dari desa itu sendiri, dengan harapan dari mulai pengelolaan pasar dan restibusinya bisa dikelola langsung oleh desa untuk meningkatkan PADes.

"Kami desa itu memiliki kewenangan, jika desa tersebut mengajukan kami proses. Karena di pemerintah daerah melalui pengelola barang oleh pak sekda akan dibaha, jika memang layak diserahkan maka akan kami serahkan," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: