Penting untuk Kesehatan, Aturan Minum Kopi Baiknya Berapa Kali dalam Sehari?

Penting untuk Kesehatan, Aturan Minum Kopi Baiknya Berapa Kali dalam Sehari?

Penting Untuk Kesehatan, Aturan Minum Kopi Baiknya Berapa Kali dalam Sehari?--

RADARUTARA.ID - Kandungan kafeinyang ada di dalam kopi dapat menyebabkan bermacam efek samping kalau dikonsumsi secara berlebihan, contohnya seperti sakit kepala, insomnia, sampai naiknya irama denyut jantung.

Tetapi sayangnya, konsumsi per hari melebihi batas minum kopi yang disarankan kerap membuat efek samping tersebut tam bisa dihindarkan. Lantas baiknya, minum kopi berapa kali dalam sehari? Berikut ini anjuran yang dapat diikuti untuk menghindari efek samping minum kopi secara berlebihan.

Adapun batas konsumsi kafein per hari untuk orang dewasa yang sehat yaitu 400 mg kafein atau setara dengan 4 cangkir kopi.

BACA JUGA:Selain Nerima Gaji, Ini Rincian Tunjangan Kepala Desa yang Jabatannya Diperpanjang Jadi 8 Tahun!

Tak hanya itu, harus diperhatikan bahwa beberapa jenis minuman lainnya juga mempunyai kandungan kafein, contohnya seperti minuman berkarbonasi atau minuman berenergi, yang batasannya yaitu 10 kaleng per hari.

Kafein dalam bentuk bubuk atau cair sama dengan 28 cangkir kopi dan malai dikonsumsi akan berbahaya bagi tubuh lantaran dapat memicu bermacam penyakit bahkan sampai kematian.

Walaupun biasanya aman bagi orang dewasa, aturan minum kopi untuk wanita yang tengah melakukan program hamil dan tengah menjalani masa menyusui harus membatasi asupan kafein per harinya yang dianjurkan sebanyak 200 mg.

Tak hanya itu, anak-anak tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kafein dan para remaja harus membatasi konsumsi kopi per harinya.

BACA JUGA:Belum Tahu Lokasi Tempat Mencoblos Pemilu 2024 Dimana? Berikut Cara Cek TPS Secara Online Tanpa Ribet

Kopi biasanya aman dikonsumsi kalau masih dalam batas yang wajar. Tetapi ternyata, ada beberapa efek minum kopi berlebihan setiap hari yang mungkin akan timbul, diantaranya seperti:

1. Merasa gelisah

2. Merasa cemas

3. Merasa pusing

4. Mengalami sakit perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: