Apel Gabungan, Satlinmas Napal Putih Diminta Jaga Netralitas dan Jaga Kerahasiaan Logistik Pemilu 2024

Apel Gabungan, Satlinmas Napal Putih Diminta Jaga Netralitas dan Jaga Kerahasiaan Logistik Pemilu 2024

Pengarahan Tripika Napal Putih kepada anggota Satlinmas--

RADARUTARA.ID- Anggota Satlinmas adalah bagian ujung tombak pengamanan Pemilu 2024 di TPS dan hendaknya, agar tetap menjaga netralitas selama Pemilu berlangsung.

Demikian disampaikan oleh Kapolres Bengkulu Utara, AKBP Lambe Patabang Birana, SIK, MH melalui Kapolsek Napal Putih, Iptu Sugeng Prayitno, SH, pada saat memberikan arahan pada kegiatan apel gabungan Satlinmas se-Kecamatan Napal Putih dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2024 di halaman Kantor Camat Napal Putih pada Rabu (7/2) hari ini.  

Kapolsek mengatakan, anggota Satlinmas juga memiliki hak pilih pada Pemilu. Tapi Kapolsek, menekankan, kepada seluruh anggota Satlinmas tidak terafiliasi atau mendukung calon tertentu pada Pemilu 2024 ini.

"Linmas juga bagian dari perekat persatuan dan kesatuan. Mereka (Satlinmas) berhak memilih tapi tidak terafiliasi dengan peserta Pemilu tertentu atau netral," pesan Kapolsek.

BACA JUGA:Secara Virtual, KASAD Resmikan Program Air Bersih TNI di Bengkulu Utara

Di sisi lain, Kapolsek, juga meminta kepada seluruh Satlinmas di masing-masing TPS bisa bersinergi dengan TNI-Polri disaat melaksanakan pengamanan selama proses pemungutan suara berlangsung. Selanjutnya, masih Kapolsek, anggota Satlinmas juga harus siaga menjaga kotak dan surat suara sampai proses di tingkat TPS selesai. 

"Tetap jaga kesehatan, agar pada saat pelaksanaan pengamanan berjalan lancar dan sukses," pungkasnya.

Terpisah Camat Napal Putih, M Abduh Sadat, M.Pd, menambahkan, seluruh anggota Satlinmas yang terlibat dalam pengamanan TPS Pemilu 2024 agar bertanggung jawab untuk membawa dan mengawal logistik serta menjaga kerahasiaannya.

"Gunakan seragam satuan saat bertugas. Jaga kesehatan dan saling bekerjasama dalam melaksanakan pengamanan. Insya Allah Pemilu dapat berjalan aman dan sukses," demikian Camat.

BACA JUGA:Belum Tahu Lokasi Tempat Mencoblos Pemilu 2024 Dimana? Berikut Cara Cek TPS Secara Online Tanpa Ribet

Muhadi menuturkan bahwa anggota Linmas juga memiliki hak pilih dalam Pemilu, namun demikian ia menekankan bahwa anggota Linmas tidak diperkenankan untuk berafiliasi/menawarkan untuk memilih calon Peserta Pemilu tertentu, dan Linmas menjadi perekat persatuan dan kesatuan.

"Anggota Linmas itu sifatnya netral secara kelembagaan, tapi ketika dia sebagai seorang pemilih tentu karena dia masyarakat yang mempunyai hak pilih dan bukan anggota TNI/POLRI, dia berhak memilih siapa saja, tapi dia tidak berafiliasi ke Peserta Pemilu manapun," tegasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: