Menangis Saat Shalat, Tanda Batal atau Tidak? Ini Kata Buaya Yahya

Menangis Saat Shalat, Tanda Batal atau Tidak? Ini Kata Buaya Yahya

Menangis Saat Shalat, Tanda Batal atau Tidak? Ini Kata Buaya Yahya--

RADARUTARA.ID- Menangis adalah salah satu bentuk ekspresi dari perasaan seseorang. Lantas bagai mana jadinya, apa bila nangisnya tersebut dilakukan pada saat shalat. Apakah batal atau tidak shalatnya?

Di sisi lain, beberapa orang justru beranggapan menangis ketika shalat justru menjadi tanda seseorang khusyuk.  Tapi demikian, seluruh umat Muslim wajib mengetahui, bahwa ada sejumlah syarat supaya tangis tersebut tidak merusak nilai sah shalat. 

Dikutip dari Serambunews.com, lewat kanal YouTube Al Bahjah pada 31 Januari 2024 lalu. Buya Yahya, menegaskan dan memastikan bahwa menangis ketika shalat selagi hal tersebut tidak dibuat-buat atau sengaja, merupakan karunia.

"Sehingga apapun yang terjadi, misalnya dari isak tangis yang dibuat-buat maka itu tidak membatalkan," jelas Buya Yahya.

BACA JUGA:Tari Ganau: Mengenal Lebih Dekat Kesenian Tradisional khas Bengkulu

Namun lanjut Buya, ada beberapa catatan tertentu saat menangis pada saat shalat, yakni asalkan tidak menelan air mata

Karena apa bila air mata masuk ke dalam mulut, lalu tertelan maka hal, itu akan membatalkan shalatnya. 

"Dengan catatan kita tidak menelan tetesan air mata, air mata ke mulut lalu kita telan, menjadi batal, batalnya karena menelan," imbuh Buya Yahya.

Di sisi lain, adapun cara untuk menyingkirkan air mata supaya tidak tertelan adalah dengan menyekanya, apa bila tidak sampai ke mulut tidak perlu di usap, biarkan air mata terjatuh. 

Tapi apa bila khawatir masuk ke mulut dan tertelan, Anda sebaiknya menyeka air mata itu asalkan tidak sampai melakukan tiga kali gerakan yang berturut-turut. 

"Anda usap dan cara mengusapnya pun adalah boleh berulang ulang asalkan tidak dengan tiga gerakan berturut turut, yang penting jangan 3 kali berturut-turut karena gerakan tersebut dapat membatalkan shalat," imbuh Buya.

BACA JUGA:Ketika Ingin Keluarkan Uang, Jangan Lupa Amalkan Dzikir Ini Agar Semakin Berlipat Ganda

Di satu sisi, Buya Yahya, menjelaskan, menangis pada saat shalat merupakan tanda ketulusan. Untuk, itu Anda harus bersyukur kepada Allah SAW apa bila menangis pada saat shalat. 

Namun jika anda menangis karena Allah, maka tangisan tersebut harus Anda sadari akan dosa dan berusaha menjauhinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: