Tari Ganau: Mengenal Lebih Dekat Kesenian Tradisional khas Bengkulu

Tari Ganau: Mengenal Lebih Dekat Kesenian Tradisional khas Bengkulu

Tari Ganau: Mengenal Lebih Dekat Kesenian Tradisional khas Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Tari Ganau adalah tarian yang asalnya dari provinsi Bengkulu. Yang mana dalam tarian ini sendiri mempunyai makna dan juga arti pada tariannya sendiri, sehingga pada dasarnya kita bisa mengerti kenapa nama dari tarian tersebut bisa seperti itu. Tarian ini juga termasuk warisan budaya dari nenek moyang kita ketika zaman dahulu.

Tarian yang ada di provinsi Bengkulu ini sendiri tentu saja mempunyai keanekaragaman gerakan yang berbeda dan juga nama yang berbeda pastinya.

Tarian ini dilakukan saat ada event-event tertentu saja diantaranya seperti penyambutan tamu agung, upacara perkawinan, upacara keagamaan ataupun acara lainnya. 

Tarian Ganau ini adalalah tarian yang diiringi dengan mandolin, rebab dan kendang, yang mana semua alat musik itu dimainkan dengan irama melayu dari alat music tersebut sendiri.

BACA JUGA:Ketika Ingin Keluarkan Uang, Jangan Lupa Amalkan Dzikir Ini Agar Semakin Berlipat Ganda

BACA JUGA:Target Pekerjaan 8 Bulan, Pasar Inpres Presiden Jokowi di Bengkulu Utara Mulai Dikerjakan

Tarian ini sendiri dilakukan oleh sekelompok penari wanita dan juga pria. Yang mana tarian ini sendiri dimulai dengan gerakan tempo yang lambat kemudian diakhiri dengan gerakan yang cepat dari para penari dengan cara menghentak-hentakkan kakinya sendiri, yang menjadi Salah satu ciri khas dari tarian ganau ini sendiri.

Tarian tradisional ini juga menjadi salah satu tari tradisional yang wajib dilestarikan, yang mana seperti yang kita ketahui bahwa tarian-tarian yang ada di Indonesia pada zaman sekarang ini juga sudah mulai memudar.

Sehingga sebagai generasi muda kita wajib selalu menjaga semua tari yang ada di daerah kita masing-masing.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: