Muslim Sudah Tahu? Ini Bacaan Doa Saat Mendengar Adzan yang Diajarkan Rasulullah SAW

Muslim Sudah Tahu? Ini Bacaan Doa Saat Mendengar Adzan yang Diajarkan Rasulullah SAW

Muslim Sudah Tahu? Ini Bacaan Doa Saat Mendengar Adzan yang Diajarkan Rasulullah SAW--

RADARUTARA.ID - Umat Islam terutama di Indonesia yang mayoritas wilayahnya beragama Muslim, setiap lima kali dalam sehari pasti mendengar suara adzan dari masjid sekitar.

Ternyata ada bacaan yang dapat dibaca oleh umat Muslim ketika mendengar suara adzan berkumandang. Seseorang yang mendengarkan adzan, dianjurkan untuk mengucapkan seperti yang diucapkan oleh muadzin. Kecuali pada kalimat hayya ‘alash shalaah dan hayya ‘alal falaah.

Dibawah ini adalah bacaan ketika Muslim mendengar adzan saat muadzin sudah membaca syahadat.

Laa haula walaa quwwata illaa billaah, wa ana asyhadu allaa ilaaha illallohu wahdahuu laa syariikalah. Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warosuuluh, rodhiitu billaahi robbaa, wabimuhammadin rosuulaa, wabil islaami diinaa.

Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya dan sesung-guhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Aku rela Allah sebagai Tuhan, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agama (yang benar).

BACA JUGA:8 Pantangan Ini Harus Dihindari Saat Imlek, Siapa yang Melanggar Akan Tertimpa Malapetaka

Seorang Muslim juga dapat membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW setelah adzan.

Alloohumma robba haadzihid da’watit taammah, wash-sholaatil qoo-imah, aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqoomam mahmuudanilladzii wa’attah, innaka laa tukhliful mii-‘aad

Ya Allah, Tuhan Pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan sholat (wajib) yang didirikan. Berilah Al-Wasilah (derajat di Surga, yang tidak akan diberikan selain kepada Nabi) dan fadhilah kepada Muhammad. Bangkitkan beliau sehingga bisa menempati maqam terpuji yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji.

Seorang Muslim juga dapat membacakan doa untuk diri sendiri diantara adzan dan iqamah, pasalnya doa di waktu itu insya Allah akan lebih cepat dikabulkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: