Agar Tak Ketindihan, Ini Amalan Sunnah yang Harus Dikerjakan Sebelum Tidur

Agar Tak Ketindihan, Ini Amalan Sunnah yang Harus Dikerjakan Sebelum Tidur

Agar Tak Ketindihan, Ini Amalan Sunnah yang Harus Dikerjakan Sebelum Tidur--

RADARUTARA.ID - Ketindihan adalah keadaan di mana seseorang mengalami mati rasa saat sedang tidur atau terbangun. Seseorang yang merasakan gangguan tidur ini tidak bisa menggerakkan badannya seolah-olah sedang tertindih sesuatu. Sampai saat ini, masih banyak yang memgaitkan fenomena ini dengan hal-hal mistis.

Mereka menganggap kalau hal itu merupakan bentuk gangguan setan dan jin. Padahal sebenarnya, ketindihan adalah suatu keadaan alamiah yang seranhkali terjadi pada tubuh manusia.

Ketindihan atau proses mati rasa umumnya terjadi saat seseorang sedang banyak pikiran, tekanan, hingga lelah secara fisik.

Saat mengalami ketindihan, seseorang disarankan untuk fokus supaya tenang dan rileks. Kalau sudah merasa tenang, manfaatkan kondisi tersebut untuk cepat keluar dari kondisi mati rasa atau kembali melanjutkan tidur.

BACA JUGA:Tidak Menerima Bansos di Bengkulu Utara, Dinsos Ungkap Bisa Ajukan Lewat Operator Desa

Walaupun ketindihan adalah kondisi yang alami, umat Muslim tetap disarankan untuk berupaya supaya terhindar dari gangguan jin dan setan. Caranya hanya dengan melakukan amalan sebelum tidur berikut ini:

1. Berwudhu

Rasulullah SAW pun bersabda, “jika engkau hendak berbaring, maka hendaklah berwudu terlebih dahulu seperti wudumu sebelum salat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Miring ke kanan

Rasulullah SAW berbantal dengan tangan kanan kemudian berbaring di atas rusuknya ketika tidur. “Berbaringlah di atas rusuk kananmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Terganggu dengan Iklan yang Kerap Muncul, Ini Cara Mudah Menghilangkan Iklan di Layar HP Xiaomi, Dijamin Ampuh

3. Membaca Alquran

Surat yang disarankan untuk dibaca yaitu Al-Fatihah, Al-Baqarah (ayat 265-286), Al-Ikhlas (3x), Al-Falaq (3x), dan An-Naas (3x). Jika sudah selesai, tiup kedua telapak tangan lalu mengusapkannya ke seluruh anggota tubuh.

4. Mengibaskan tempat tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: