Rincian Biaya Pendidikan AKPOL dan Estimasi Waktu Lulus

Rincian Biaya Pendidikan AKPOL dan Estimasi Waktu Lulus

Rincian biaya pendidikan Akademi Kepolisian (AKPOL) dan persiapan untuk mengikuti pendidikan AKPOL dengan menjadi taruna di SMA Dwiwarna (boarding school)--

RADARUTARA.ID - Setelah lulus SMA ada siswa yang memilih untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi. Akan tetapi, ada juga yang ingin langsung bekerja atau masuk AKPOL. Apakah kamu salah satu siswa yang ingin masuk AKPOL? Jika iya maka harus tahu biaya pendidikan AKPOL.

AKPOL atau Akademi Kepolisian merupakan lembaga pendidikan yang memiliki tugas untuk mencetak perwira Polri. Bisa dibilang lembaga pendidikan ini sangat bergengsi karena setiap tahunnya jumlah pendaftarnya terus meningkat. Buat kamu yang berminat untuk masuk AKPOL, sebaiknya ketahui biaya pendidikan yang harus dikeluarkan.

Apa Itu AKPOL?

Akademi Kepolisian atau AKPOL merupakan lembaga pendidikan tinggi yang ada di Indonesia dan bergerak di bidang kepolisian. Lembaga pendidikan ini menawarkan program pendidikan dasar di tingkat SMA sampai program pendidikan tinggi tingkat sarjana. Jadi, kamu yang baru lulus SMA bisa masuk AKPOL.

Akademi Kepolisian ini fokus pada aspek teori dan juga praktik di bidang kepolisian. Dimana materi yang akan diajarkan yaitu teori tentang dasar kepolisian, teknik investigasi, logistik, komunikasi dan sebagainya. Selain itu, AKPOL juga memiliki program khusus yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan para mahasiswanya di bidang kepolisian.

Di lembaga pendidikan ini juga terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengasah keterampilan mahasiswa di luar lingkungan akademik. Contoh kegiatan ekstrakurikuler tersebut adalah seni, olahraga dan sebagainya.

Biaya Pendidikan AKPOL

Sebagai salah satu lembaga pendidikan bergengsi, banyak orang yang beranggapan bahwasanya biaya pendidikan di AKPOL sangat mahal. Apakah anggapan tersebut merupakan fakta yang sebenarnya? Tentu saja tidak.

Salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menempuh pendidikan di AKPOL adalah tidak perlu mengeluarkan biaya atau gratis selama proses pendaftaran maupun pendidikan.

Hal ini dikarenakan biaya pendidikan di AKPOL sudah ditanggung oleh pemerintah. AKPOL sendiri menjadi salah satu sekolah ikatan dinas di Indonesia dengan peminat yang banyak.

Tidak hanya biaya kuliah saja yang gratis tetapi biaya makan dan jga akomodasi di asrama ditanggung oleh pemerintah. Dengan biaya pendidikan yang gratis diharapkan para calon taruna/taruni bisa fokus dalam proses pembelajaran maupun pengembangan diri.

Dikarenakan biaya pendidikannya gratis, setelah lulus calon taruna maupun taruni diwajibkan untuk menjalani ikatan dinas. Maksud dari ikatan dinas adalah setelah lulus mereka akan menjadi anggota Polri dan diharuskan bekerja dalam tubuh kepolisian.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa biaya pendidikan di AKPOL gratis atau tanpa dipungut biaya. Ini dikarenakan AKPOL merupakan sekolah ikatan dinas yang mana biaya pendidikan dan biaya lainnya ditanggung oleh pemerintah.

Jika ada pihak yang meminta kamu untuk membayar selama menempuh pendidikan sebaiknya harus hari-hati karena itu merupakan sebuah penipuan. Buat kamu yang bercita-cita ingin menjadi perwira polisi, silahkan mendaftarkan diri di AKPOL.

Estimasi Waktu Lulus

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk lulus dari AKPOL? Estimasi waktu lulus dari AKPOL adalah 4 tahun atau 8 semester dan akan mendapatkan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Selain itu, lulusan AKPOL juga akan mendapatkan gelar S.IK (Sarjana Ilmu Kepolisian).

Empat tahun menempuh pendidikan di AKPOL, para siswa diharuskan untuk mengikuti program pendidikan. Program pendidikan tersebut meliputi beberapa mata pelajaran. Beberapa mata pelajaran yang harus dipelajari adalah hukum pidana, teknik investigasi, ilmu kriminologi, latihan fisik serta keterampilan kepemimpinan.

Nah itulah informasi tentang biaya pendidikan AKPOL dan estimasi waktu lulus. Bisa melanjutkan pendidikan di AKPOL menjadi cita-cita banyak siswa. Akan tetapi, tidak semua yang mendaftar bisa diterima karena beberapa alasan. Jika kamu ingin diterima di AKPOL, disarankan untuk mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan sekolah di SMA yang memiliki program calon taruna. SMA Dwiwarna (Boarding School) adalah sekolah berasrama yang memiliki program tersebut.

Program calon taruna di SMA Dwiwarna (boarding school) merupakan program untuk persiapan peserta didik yang ingin masuk sekolah kedinasan, salah satunya AKPOL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: