4 Karomah Para Wali Songo yang Jarang Diketahui, Nomor 3 Diluar Nalar

4 Karomah Para Wali Songo yang Jarang Diketahui, Nomor 3 Diluar Nalar

4 Karomah Para Wali Songo Yang Jarang Diketahui. Nomor 3 Diluar Nalar--

RADARUTARA.ID - Penyebaran agama Islam di Indonesia melalui banyak cara, salah satunya penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh para wali Allah. Mereka merupakan sosok 9 wali yang dikenal di masyarakat Jawa sebagai wali songo.

9 wali ini biasanya dipanggil sunan oleh kebanyakan masyarakat Jawa pada masa lampau. 9 wali ini memiliki sejumlah karomah yang digunakan ketika sedang berdakwah.

Karomah sejatinya merupakan sebuah kemampuan yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada hamba-hambanya yang taat yaitu kepada wali-wali Allah. Seperti para wali songo yang diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk menyebarkan ajaran agama Islam di tanah Jawa.

Tidak hanya itu banyak juga karomah dari 9 wali Yang lainnya cukup terkenal, tentunya karamah tersebut digunakan untuk menyebarkan ajaran Islam.

BACA JUGA:Pantas Banyak Korban Baper, 5 Zodiak Ini Ternyata Memang Jago Banget Bikin Kangen

Berikut 4 karomah yang dimiliki oleh wali songo:

1. Dapat Menggandakan Diri

Karomah dapat menggandakan diri dimiliki oleh sunan Bonang, diceritakan di dalam buku "sunan Bonang wali keramat: karamah, kesaktian, dan ajaran-ajaran hidup sang waliullah".

Diceritakan bahwasanya sunan Bonang ketika itu hampir dirampok oleh berandalan Lokajaya, ketika terdesak tersebutlah karamah sunan Bonang muncul di mana beliau mampu menggandakan diri dan menjelma menjadi lima sosok yang sama yang mengelilingi gerombolan Lokajaya. Sontak peristiwa tersebut membuat sekelompok Lokajaya tersebut ketakutan dan memilih mundur.

2. Meluruskan Kiblat Masjid Demak Cukup Menggunakan Tangan 

Kisah kehidupan sunan Kalijaga sangat menarik, beliau juga memiliki karamah yang luar biasa diceritakan di dalam badad tanah Jawi sunan Kalijaga pernah menyelesaikan polemik arah kiblat dengan mudahnya.

Dalam kisahnya tersebut seusai mengambil wudhu dan hendak melaksanakan salat malam, sunan Kalijaga kemudian berdiri di sisi Utara masjid Demak. Dengan tangan kanan Sunan Kalijaga dapat menggapai Ka’bah, sementara tangan kirinya meraih mustaka atau atap Masjid Demak.

Dalam ceritanya, begitu Sunan Kalijaga memusatkan ciptanya, Ka’bah yang berada sangat jauh pun dapat muncul menjulang di atas Masjid Demak.

BACA JUGA:Pakar Gizi Ungkap Perbandingan Antara Susu UHT dengan Susu Formula untuk Anak, Mana yang Lebih Baik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: