Mengenal Rambai Ayam, Senjata Tradisional Khas Bengkulu

Mengenal Rambai Ayam, Senjata Tradisional Khas Bengkulu

Mengenal Rambai Ayam, Senjata Tradisional Khas Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Rambai Ayam adalah senjata tradisional yang bentuknya mirip dengan ekor dan taji ayam. Lantaran menjadi salah satu senjata tradisional khas Bengkulu maka dari proses pembuatannya juga bisa dikatakan cukup sulit. Banyak orang mencari senjata tradisional Rambai Ayam , namun masih belum banyak yang memperoleh versi aslinya.

Senjata khas Bengkulu ini memang memberikan ciri khas tersenditi bahkan dari bentuknya mirip dengan Karambit yang menjadi senjata khas Sumatera Barat. Ada perbedaan di Rambai Ayam yaitu digunakan sebagai alat tikam untuk pertempuran jarak dekat.

Kalau dari segi bentuknya Rambai Ayam memberi satu nama lain yaitu Kudok yang bentuk mata pisaunya sedikit berbeda. Itu sebabnya jenis dari Rambai Ayam ini mempunyai keistimewaan dari bentuk hingga fungsinya.

BACA JUGA:Panwascam Tegaskan, H-3 Pemilu Seluruh APK Harus Bersih

Ciri spesifik dari Rambai Ayam khas Bengkulu ini tampak pada ukurannya yang mana mempunyai panjang mencapai 27 cm ditambah lagi bilahnya dibuat dari besi. Hal yang unik, banyak orang meneliti tentang batang kayu di dalam Rambai Ayam yang memang dibuat menggunakan campuran kayu tertentu.

Masyarakat Bengkulu ketika zaman dahulu menggunakam Rambai Ayam sebagai peralatan wajib ketika masuk dalam hutan ataupun ketika ingin bepergian.

Perkembangan bentuk dari Rambai ayam ini masih terus dilakukan baik dari ornamen-ornamennya yang membuatnya menjadi berbeda dengan senjata tradisional yang lainnya. Sekarang ini Rambai Ayam memang tak digunakan lagi sebagai senjata pertahanan diri, namun lebih sering dijadikan sebagai koleksi atau hiasan.

BACA JUGA:Feng Shui dan Primbon Jawa Ungkap Kebiasaan Tidur yang Bisa Halangi Rezeki, Nomor 3 Malah Kerap Dilakukan

Jadi bagi pecinta seni budaya masih bisa melihatnya dalam beberapa kesempatan, contohnya saat ada upacara adat ataupun pameran budaya. Terutama yang menampilkan banyak benda-benda sejarah sampai kesenian khas masyarakat Bengkulu.

Jika dilihat sekilas, bentuk dari Rambai Ayam mirip demgan pedang tetapi dengan gaya tampilan yang lebih cantik dan menarik terutama pada lengkungannya.

Lebih uniknya lagi, gagang pada senjata ini mempunyai gagang yang penampakannya mirip keris dari Jawa. Logamnya juga memiliki nilai seni yang sangat tinggi lantaran ada corak-corak tertentu didalamnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: