Jika di Olah dengan Benar, Gas dari Septic Tank Ternyata Bisa Dibuat Masak, Begini Caranya

Jika di Olah dengan Benar, Gas dari Septic Tank Ternyata Bisa Dibuat Masak, Begini Caranya

Jika di Olah dengan Benar, Gas dari Septic Tank Ternyata Bisa Dibuat Masak, Begini Caranya--

RADARUTARA.ID- Di Tahun 2024, ini pemerintah mulai tegas dalam memperketat pembelian gas LPG bersubsidi 3 Kg.

Gas subsidi, hanya diperuntukan masyarakat yang sudah terdaftar dalam penerima yang dapat membelinya. Lalu apakah ada alternatif sumber gas lain yang bisa digunakan untuk memasak?

Siapa sangka? Ternyata gas pada septic tank bisa dijadikan sebagai gas alternatif yang bisa menghasilkan api dan dapat digunakan untuk memasak.

Tapi, ini hanya berlaku pada septic tank biogas. Sementara septic tank biasa hanya bisa mengatasi masalah pengelolaan limbah kotoran manusia. 

BACA JUGA:Kenali, Ini Macam-macam KUR BNI 2024, yang Siap Biayai Modal Usaha Kamu

Dikutip dari Home Biogas, air limbah septic tank bisa diolah menjadi biogas yang bisa dilakukan dengan cara teknologi anaerobik. Pada teknik anaerobik, dibutuhkan asam asetat guna menghasilkan biogas. Bakteri di dalam tangki akan memecah sampah organik menjadi unsur kimia.

Salah satunya asam asetat dari reaksi itu. Nah, hasil dari proses itulah akan menjadi metana atau biogas, karbon dioksida dan air. 

Bakteri, itu bisa membantu proses terbentuknya biogas karena bakteri ini dapat tumbuh subur di lingkungan minim oksigen. 

Di sisi lain, tangki septic tank biogas juga tidak sulit untuk dirawat dibanding septic tank standar yang perlu dikosongkan berkala. 

BACA JUGA:9 Bank Diberi Sanksi karena Ketahuan Minta Agunan pada Program KUR, Diantaranya Ada BUMN

Syarat agar septic tank biogas bisa menghasilkan api dan minim ledakan. Menurut Home Biogas harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

1. Lubang tangki septic tank harus tertutup rapat sehingga tidak ada air atau gas yang bocor. Cara ini juga membantu bakteri di dalam septic tank untuk melakukan teknik anaerobik.

2. Pastikan tangki septic tank kokoh dan tidak korosi atau mudah berkarat untuk jangka waktu panjang untuk menghindari kebocoran.

3. Tangki septic tank biogas harus memiliki isolasi untuk memastikan suhu yang konsisten di sekitarnya sehingga proses teknik anaerobik berhasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: