Cara Mudah Membersihkan Kerak Sel Aki, Lakukan Hal Ini Agar Aki Tetap Aman dan Awet

Cara Mudah Membersihkan Kerak Sel Aki, Lakukan Hal Ini Agar Aki Tetap Aman dan Awet

Cara Mudah Membersihkan Kerak Sel Aki. Lakukan Hal Ini Agar Aki Mu Tetap Aman Dan Awet--

RADARUTARA.ID - Aki merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan yang berfungsi sebagai sumber tenaga listrik. Kinerja aki akan menurun jika tidak dirawat dengan baik, salah satunya adalah dengan membersihkan kerak sel aki.

Kerak sel aki merupakan kerak yang terbentuk pada kutub positif dan negatif aki. Kerak ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor faktor tersebut dapat menyebabkan penumpukan kerak pada aki yaitu Overcharge aki, hal ini dapat terjadi jika alternator mobil mengisi aki secara berlebihan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Alternator yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, Kabel alternator yang terputus atau tidak terpasang dengan baik, dan Terminal aki yang kotor atau berkarat.

BACA JUGA:Rekomendasi Ban untuk Mobil Brio, Terlihat Makin Gagah dan Makin Kece Badai

Selain itu Volume air aki yang melebihi batas maksimal juga dapat menyebabkan panas berlebih pada aki. Hal ini dapat menyebabkan kerak terbentuk pada kutub aki. Munculnya kerak pada aki dapat menyebabkan beberapa hal yang tentunya menurunkan performa pengguna mobil, Kerak yang terbentuk pada kutub aki dapat menghambat aliran arus listrik dari aki ke komponen listrik lainnya. 

Hal ini dapat menyebabkan aki tidak dapat menyuplai daya listrik yang cukup, sehingga dapat menyebabkan beberapa komponen listrik tidak berfungsi dengan baik. Selain itu Kerak sel aki juga dapat menyebabkan korosi pada kutub aki. Korosi ini dapat menyebabkan aki cepat rusak dan harus diganti.

Untuk mengatasi hal tersebut anda harus senantiasa rutin menjaga kebersihan aki mobil anda, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk mempermudah dalam proses pembersihan. 

BACA JUGA:Peningkatan Jembatan Belly di Desa Air Muring Molor, Begini Kata Perusahaan

Pertama kamu perlu menyiapkan beberapa bahan Berikut ini: 

1. Air panas dengan suhu 70 derajat celcius

Air panas dengan suhu 70 derajat celcius dapat membantu mengangkat kerak yang menempel pada kutub aki.

2. Sikat gigi

Sikat gigi dapat digunakan untuk menggosok kerak yang menempel pada kutub aki.

3. Kunci pas nomor sepuluh atau kunci ring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: