Meski Bau Tak Sedap, Ini 5 Manfaat Kabau khas Bengkulu Bagi Kesehatan

Meski Bau Tak Sedap, Ini 5 Manfaat Kabau khas Bengkulu Bagi Kesehatan

Meski Bau Tak Sedap, Ini 5 Manfaat Kabau--

RADARUTARA.ID - Kabau merupakan sejenis tumbuhan yang tumbuh di hutan tropis atau biasa dikenal dengan sebutan jering antan atau jengkol hutan.

Tanaman yang satu ini banyak ditemui di pulau sumatera, terutama di Provinsi Bengkulu. Buah kabau mempunyai bentuk bulat memanjang, setiap buahnya mempunyai jumlah biji kabau 8 sampai 12 buah. 

Kabau mungkin tak asing untuk kamu terutama warga Provinsi Bengkulu, saudaranya jengkol dan pete ini bisa dijumpai di pasar-pasar rakyat di Bengkulu.

Serupa halnya seperti memakan jengkol, umumnya kabau dikonsumsi sebagai lalapan, khusunya untuk meningkatkan nafsu makan. Mengkonsumsi kabau juga mampu menimbulkan efek bau tak sedap di mulut. Meskipun demikian kabau juga mempunyai banyak sekali kandungan zat gizi yang berguna bagi kesehatan tubuh

BACA JUGA:Mencicipi Kerupuk Gurita, Jajanan Kesukaan Gen Z di Bengkulu

Berikut ini merupakan 5 manfaat tanaman kabau untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui.

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat serat yang ada dalam buah ini dipercaya bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, khususnya untuk melancarkan proses pencernaan.

Buah ini juga cocok kamu konsumsi untuk meredakan penyakit sembelit atau susah buang air besar. Kamu bisa menyantapnya dijadikan lalapan untuk makan sekaligus menjadi nutrisi bagi kesehatan pencernaan.

2. Sumber Fosfor

Dalam 100 gram kabau terkandung 108 miligram fosfor, kandungan fosfor dalam buah kabau tentu akan sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Manfaat fosfor juga sangat besar bagi tubuh, kamu bisa menjadikan kabau ini sebagai salah satu sumber fosfor.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Marsa Coffee, Kopi Premium dari Desa Marga Sakti, Bengkulu Utara

3. Membantu Kerja Ginjal

Kandungan mineral fosfor didalam kabau dipercaya bisa membantu menyaring bermacam zat yang tidak berguna bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: