Penyebab Indikator Bensin Mobil Mati dan Cara Mudah Memperbaikinya, Pengendara Wajib tahu

Penyebab Indikator Bensin Mobil Mati dan Cara Mudah Memperbaikinya, Pengendara Wajib tahu

Penyebab Indikator Bensin Mobil Mati dan Cara Mudah Memperbaikinya. Pengendara Wajib tahu.--

RADARUTARA.ID - Jika dalam berkendara kamu melihat indikator bahan bakar masih berada di posisi F, namun mobil kamu secara mendadak mati karena kehabisan bensin. Hal tersebut bisa mengindikasikan bahwasanya indikator bahan bakar mobilmu mengalami kerusakan.

Tidak sedikit orang yang tidak memperdulikan kerusakan tersebut, padahal fungsinya dapat memberitahu pengguna kendaraan tentang jumlah bensin saat ini dan kapan harus mengisi di waktu yang tepat.

Umumnya fungsi indikator bensin adalah untuk mengetahui informasi tentang jumlah bahan bakar yang ada pada mobil, Untuk mengetahui jumlah pasti bahan bakar yang ada pada mobilmu cukup dengan melihat indikator bahan bakar saja.

Dimana jika tanda panah atau jarum menunjukkan kepada inisial f atau fuel hantu menunjukkan bahwasanya mobil kamu dalam keadaan terisi penuh. Namun jika tanda panah menunjukkan ke huruf e atau empty hal itu menunjukkan bahwasanya mobil kamu dalam keadaan kosong.

Fungsi lain dari indikator ini adalah agar kita menentukan waktu yang tepat dan pas untuk mengisi bensin tidak menunggu sampai mobil mati. Jika kita mendapati indikator bahan bakar yang tidak bergerak atau mati, hal tersebut akan mempersulit sebab kita tidak pernah mengetahui bagaimana kondisi dari bahan bakar mobil tersebut. Apabila kerusakan tersebut terus dibiarkan maka akan merembet dan merusak pada komponen mesin lainnya.

BACA JUGA:Mengapa Air Radiator Mobil Cepat Habis? dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Selain karena kondisi tangki yang kosong indikator bensin bisa mati total disebabkan beberapa hal diantaranya:

1. Masalah pertama terkait dengan indikator bensin mobil adalah disebabkan oleh usia pemakaian yang sudah cukup lama.  Disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru, dan dapat melakukan servis indikator bensin mobil di bengkel terdekat.

2. Kondisi putusnya kabel indikator bensin juga dapat menyebabkan matinya indikator bensin mobil. Disarankan untuk memeriksa kondisi kabel di bengkel mobil terpercaya agar akar masalahnya dapat diatasi dan mencegah kerusakan komponen mobil lainnya.

3. Performa pelampung dalam tangki bensin mobil cenderung melemah setelah lebih dari 5 tahun. Ini bisa menyebabkan indikator bensin mobil tidak akurat atau bahkan mati. Dapat mencabut dan menyambung kembali kabel pada pelampung bahan bakar untuk memeriksanya. Jika masih bergerak, sumber kerusakan bukan berasal dari pelampung bensin.

4. Kumparan di indikator bensin mobil, seperti kumparan pada pelampung, dapat melemah dan sulit menangkap sinyal dari pelampung bensin mobil. Hal ini bisa mengakibatkan informasi yang tidak akurat tentang volume bensin mobil. Pada beberapa kasus, jarum di kumparan juga mungkin putus, menyebabkan ketidakmampuan bergerak.

5. Memarkir mobil di medan jalan menanjak saat pelampung dalam tangki bensin rusak atau usia pemakaian yang sudah lama dapat menjadi penyebab indikator bensin mati. Kondisi ini membuat pelampung sulit kembali ke posisi semula, menyebabkan jarum indikator berada di kode E atau bahkan tidak bergerak sama sekali. Disarankan untuk menghindari parkir di medan jalan menanjak dalam situasi tersebut.

BACA JUGA:Bau Mobil Menyengat Bikin Mabuk? Tenang, Ini Cara Praktis Menghilangkan Bau Mobil, Auto Nyaman Donk

Pada mobil keluaran lama masih menggunakan tanda panah sebagai petunjuk indikator bensin, namun pada mobil keluaran terbaru sudah menggunakan indikator digital, akan tetapi permasalahan juga akan muncul seperti tidak responsif dan tidak memberikan data akurat mengenai jumlah bahan bakar. Nah penting juga untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki indikator digital tersebut, itu dengan cara berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: