Fungsi Fog Lamp Pada Kendaraan, Tak Hanya Keren Tapi Juga Membuat Berkendara Lebih Aman di Jalan Berkabut

Fungsi Fog Lamp Pada Kendaraan, Tak Hanya Keren Tapi Juga Membuat Berkendara Lebih Aman di Jalan Berkabut

ungsi Fog Lamp Pada Kendaraan, Tak Hanya Keren Tapi Juga Membuat Berkendara Lebih Aman di Jalan Berkabut--

RADARUTARA.ID - Fog lamp merupakan fitur khusus yang ada pada mobil keluaran terbaru, fitur ini penting untuk keamanan berkendara terutama ketika kamu berada di sekitaran wilayah yang berkabut dan curah hujan tinggi.

Fungsi utama fog lamp adalah untuk meningkatkan dan memaksimalkan penglihatan ketika sedang terjadi hujan badai ataupun kabut tebal sebab sinar lampu yang dikeluarkan sangatlah terang.

Terkadang kamu tebal dan intensitas curah hujan yang tinggi membuat jarak pandang menjadi tidak stabil, hal tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan. Sebab kondisi jalanan yang berubah menjadi licin serta diselimuti oleh kabut tebal akibat hujan.

BACA JUGA:Bau Mobil Menyengat Bikin Mabuk? Tenang, Ini Cara Praktis Menghilangkan Bau Mobil, Auto Nyaman Donk

Oleh sebab itulah penting untuk mengetahui dan memahami beberapa fitur keselamatan yang telah disediakan pada mobil, terutama yang terbaru saat ini dan manfaatkan fitur fog lamp sebaik mungkin dan gunakan pada situasi yang tepat contohnya ketika jarak pandang Anda terbatas.

Jika mobil kamu memiliki fitur fog lamp maka manfaatkan sebaik mungkin untuk berkendara ketika kondisi jalanan gelap, berkabut, atau sedang terjadi hujan.

Hal-hal yang membatasi jarak pandang dapat diatasi dengan lampu ini. Sebab sorotan lampu yang berfokus pada satu titik membuat pandangan menjadi lebih luas dan menurunkan potensi kecelakaan.

BACA JUGA:Soal Penempatan Guru PPPK, BKPSDM : Sesuai Kebutuhan Daerah

Tidak hanya fog lamp ada juga headlamp yang fungsinya sama-sama menerangi ketika dalam keadaan gelap. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan di mana headlamp berfungsi untuk menerangi jalan ketika keadaan cuaca sedang baik-baik saja.

Sedangkan fog lamp digunakan untuk menerangi jalanan terutama dalam keadaan cuaca yang buruk serta berkabut.

Sebab sorot lampu pada fog lamp bertumpu pada satu titik yang menyebabkan pandangan kita menjadi lebih terbuka. Sementara cahaya pada headlamp memiliki sorot lampu yang menyebar yang tentunya berfungsi untuk melihat keadaan sekitar.

BACA JUGA:10 Brand Mobil Terfavorit di Indonesia Saat Ini, Penjualannya Sentuh Angka Ratusan Ribu Unit

Nah kedua fungsi lampu tersebut diperuntukkan dalam keadaan yang berbeda dan pastikan anda menggunakan fungsi tersebut secara baik.

Perlu diingat menyalakan lampu fog lamp tidak boleh sembarangan, apalagi menyalakannya bersamaan dengan lampu Daytime Running Lights (DRL), sebab jika menyalakan kedua lampu tersebut akan membuat pengendara lain terganggu yang pada akhirnya menimbulkan potensi kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: