Imam Mahdi Akan Muncul Menjelang Hari Kiamat, Berikut ini Tanda-tandanya

Imam Mahdi Akan Muncul Menjelang Hari Kiamat, Berikut ini Tanda-tandanya

Imam Mahdi Akan Muncul Menjelang Hari Kiamat, Berikut ini Tanda-tandanya--

RADARUTARA.ID- Imam Mahdi diyakini akan muncul menjelang hari kiamat. Tapi sebelum Imam Mahdi, muncul akan ada beberapa peristiwa besar yang akan terjadi di dunia. Apa saja itu?

Dilansir dari detikHikmah, Ibn Khaldun, pernah menyatakan pendapatnya tentang kemunculan Imam Mahdi, sebagai tanda kiamat.

Dijelaskannya, bahwa di akhir zaman pasti akan muncul seorang laki-laki dari kalangan bait yang berperan memperkuat agama Islam, menegakkan keadilan, memiliki pengikut dari kalangan kaum muslim dan menguasai kerajaan-kerjaan Islam. Laki-laki, ini lah yang dimaksud sebagai Imam Mahdi. 

Sebagian orang mempercayai, bahwa munculnya Imam Mahdi, adalah bagian dari tanda-tanda kiamat kecil. Ini, dijelaskan sebagaimana Rasulullah SAW pada hadist yang dikutip dari buku Ensiklopedia Sunnah dan Syi'ah Jilid 1 karya Ali Ahmad As-Salus. 

BACA JUGA:7 Hewan Mitos Paling Populer di Dunia, Nomor 3 Diyakini Benar-benar Ada

Rasulullah SAW bersabda;

لَوْ لَمْ يَبْقَ مِنْ الدُّنْيَا إِلَّا يَوْمٌ لَبَعَثَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ رَجُلًا مِنَّا يَمْلَؤُهَا عَدْلًا كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا.

Artinya: "Kalau umur dunia tinggal satu hari, maka Allah akan mengutus seorang laki-laki dari kami. Dia akan menyebarkan keadilan sebagaimana telah tersebarnya kejahatan."

Imam Mahdi sendiri merupakan keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Abdullah bin Mas'ud berkata, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,

لَا تُقُوْمُ السَّاعَةُ حَتَّى بَلِيَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِي.

Artinya: "Hari kiamat tidak akan terjadi sampai datang seorang laki-laki dari sanak keluargaku (Ahlul Bait), namanya mengikuti namaku."

Lalu, apa saja peristiwa besar yang akan terjadi terkait munculnya Imam Mahdi sebagai tanda kiamat?

Ada 6 Peristiwa Besar terkait Kemunculan Imam Mahdi sebagai Tanda Kiamat.

Dikutip dari buku Armageddon Peperangan Akhir Zaman: Menurut Al-Qur'an, Hadits, Taurat, dan Injil karya Wisnu Sasongko, peristiwa terkait kemunculan Imam Mahdi sebagai tanda kiamat ini dibagi menjadi tiga fase, yakni sebelum, saat kemunculan, dan sesudahnya. Adapun tanda-tanda itu antara lain:

BACA JUGA:5 Fakta Zeus, Raja Dewa dalam Mitologi Yunani Kuno, Dilahirkan di Dalam Gua dan Dirawat Kambing Betina

Tanda-tanda Sebelum Kemunculan Imam Mahdi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: