Berikut Ini Waktu yang Tepat untuk Memanjatkan Doa di Sepertiga Malam, Niscaya Allah Akan Langsung Kabulkan

Berikut Ini Waktu yang Tepat untuk Memanjatkan Doa di Sepertiga Malam, Niscaya Allah Akan Langsung Kabulkan

Waktu yang tepat untuk memanjatkan doa di sepertiga malam--

RADARUTARA.ID- Sepertiga malam adalah waktu paling tepat untuk memanjatkan doa dan memiliki peluang paling besar doanya cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Lalu doa Sepertiga malam itu jam berapa sebaiknya?

Doa merupakan cara untuk mengingat Allah. Dan doa berisi tentang permohonan, permintaan atau harapan tentang sesuatu hal kepada sang pencipta. 

Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui tentang segala kebutuhan hamba-Nya. Maka setiap manusia hendaknya memperbanyak doa kepada-Nya sebagai bentuk ketidak mampuan diri sebagai mahluk ciptaan-Nya. 

Meskipun begitu, Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Mendengar, maka ada beberapa waktu berdoa yang paling baik dan utama, apa bila diamalkan, maka Allah SWT tidak akan menolaknya. 

Satu diantaranya adalah dengan berdoa di seperti malam. Tapi doa sepertiga malam itu jam berapa baiknya? Berikut ini ulasannya.

BACA JUGA:Baru Tahu! Ternyata Menanam Sawo di Pekarangan Rumah Bisa Membuat Hidup Sial dan Susah, Begini Penjelasannya

Doa Sepertiga Malam Itu Jam Berapa?

Dikutip dari buku Keutamaan Dzikir dan Doa Asmaul Husna oleh Hamid Sakti Wibowo dan Mustaqim, waktu untuk berdoa sebenarnya tidak ada batasan. Kapan pun, kita ingin berdoa bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selagi mengingat Allah SWT. 

Kendati demikian, ada beberapa hadits yang menyatakan waktu-waktu baik atau paling utama untuk berdoa sehingga bisa lebih cepat dikabulkan oleh Allah SWT. 

Salah satunya adalah sepertiga malam dan yang paling utama lagi, adalah sepertiga malam terakhir. 

Dikutip dari berbagai sumber, waktu sepertiga malam, itu dibagi tiga periode. Sepertiga malam periode pertama dimulai pukul 18.00 WIB sore sampai pukul 22.00 WIB malam. Sedangkan seperti periode kedua dimulai Pukul 00.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB dini hari. Dan seperti paling terakhir, adalah pukul 02.00 WIB sampai fajar. 

BACA JUGA:3 Cara dari Ustadz Adi Hidayat agar Kecerdasan Anak Jadi Meningkat

Akan tetapi, pendapat berbeda tentang pembagian jam sepertiga malam dijelaskan oleh Ustad Solechul Azis, dalam tulisannya berjudul "Tuntunan Sholat Lengkap dan Asmaul Husna: Wudhu, Shalat Fardu, Shalat Sunnah dan Doa Nurbuat. 

Di dalam buku, itu dijelaskan, bahwa sepertiga malam itu jam:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: