Masyarakat Diminta Terapkan 3M untuk Cegah Demam Berdarah

Masyarakat Diminta Terapkan 3M untuk Cegah Demam Berdarah

Waspada serangan nyamuk Demam Berdarah di musim Penghujan--

RADARUTARA.ID- Kepala Puskesmas Perawatan Sebelat, Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Parsaoran Nahampun, S.Kep, meminta masyarakat di wilayah kerjanya mulai menerapkan gerakan 3M (Menguras, menimbun dan menutup) untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) khususnya, di Putri Hijau. 

"Gerakan 3M ini kita yakini efektif untuk mencegah penyebaran penyakit DBD, khususnya pada saat musim Pancaroba saat ini," ungkap Kapus, Senin (15/1).

Dijelaskan Kapus, yang dimaksud dengan gerakkan 3M, ini adalah dengan menguras bak mandi secara rutin, menimbun barang bekas yang bisa menimbulkan genangan genangan air supaya tidak menjadi tempat nyamuk penyebab DBD berkembang biak. 

"Bak air yang berpotensi menjadi tempat bersarang nyamuk DBD rutin di kuras," katanya.

BACA JUGA:Pendapatan Asli Desa Harus Tertuang di Dalam APBDes, Tidak Boleh Fiktif dan Uang Harus Masuk Rekening Desa

Kapus berharap, selama Pancaroba berlangsung, masyarakat bisa lebih peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Menurut Kapus, menabur bubuk abate untuk mencegah perkembangbiakan jentik nyamuk di genangan air juga penting dilakukan.  

"Tidak hanya air kotor saja, nyamuk DBD juga bisa berkembang di air bersih. Maka harus kita antisipasi dengan menabur bubuk abate dan memastikan lingkungan tempat tinggal kita dalam kondisi bersih," pungkasnya. 

Dipastikan manajemen Puskesmas Perawatan Sebelat, hingga pertengahan Januari 2024 ini belum ditemukan adanya kasus DBD di wilayah kerjanya dan diharapkan tidak sampai terjadi kepada masyarakat, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Perawatan Sebelat, Putri Hijau.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: