Peduli Lingkungan, Kodim 0423/Bengkulu Utara Laksanakan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Pesisir Pantai

Peduli Lingkungan, Kodim 0423/Bengkulu Utara Laksanakan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Pesisir Pantai

Kodim 0423/ Bengkulu Utara lakukan Penanaman pohon serentak dalam rangka peduli lingkungan--

RADARUTARA.ID- Komando Distrik Militer (Kodim) 0423/Bengkulu Utara melaksanakan gerakan penanaman pohon serentak, dengan tema "Wujudkan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Mengurangi Dampak Pencemaran" bertempat di wilayah pesisir pantai Desa Kota Agung, Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara pada Senin (15/1/2024).

Kegiatan yang melibatkan para stake holder, siswa, ormas dan masyarakat yang berjumlah kurang lebih 250 orang itu dalam rangka menjaga dan melestarikan kondisi alam dan mencegah abrasi pantai maupun sepadan sungai.

Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Fitriansyah, S.STP, MM mengaku sangat mengapresiasi gerakan penanaman pohon yang dimotori oleh Kodim 0423/ Bengkulu Utara.

Ia berharap melalui penanaman pohon ini bisa bermanfaat dari sisi lingkungan, karena dengan adanya pohon maka bisa menjadikan pantai lebih sejuk dan indah. 

"Semoga ke depan pantai ini bisa menjadi tempat wisata dan memberikan peluang usaha baru bagi masyarakat," harapnya usai melaksanakan penanaman pohon serentak, pada Senin (15/1/2024).

BACA JUGA:Bukan Timex, Hanya dengan Campuran Daun Salam dan Bawang Putih, Tikus dan Curut di Rumah Bisa Musnah Selamanya

Fitriansyah juga menyebut, Kabupaten Bengkulu Utara merupakan daerah yang sebagian besarnya berada di pesisir pantai. Oleh karena itu, guna mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya abrasi pantai. Pihaknya berencana, akan melanjutkan gerakan penanaman pohon ini dengan skala yang lebih besar lagi.

"Melalui kerjasama lintas sektor kami akan laksanakan kegiatan penanaman pohon di pesisir pantai ini dengan lebih masif dan lebih besar lagi," akunya.

Sementara itu, Dandim 0423/Bengkulu Utara, Letkol. Kav. Aidil Hajri, M.Han juga mengatakan jika kegiatan yang baru saja dilakukan ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI AD dalam rangka menjaga lingkungan agar tetap indah dan asri. Selain itu, melalui penanaman pohon ini pihaknya berharap bisa melestarikan lingkungan dan mencegah potensi abrasi pantai dan kawasan di sepadan muara sungai.

"Tujuan kami tidak lain adalah ikut membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan. Sebab, menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama," jelasnya.


Penanaman pohon serentak--

Dalam kegiatan berlangsung, selain melibatkan stake holder, perangkat desa, ormas dan masyarakat. Dandim juga mengaku sengaja melibatkan para siswa. Hal itu dimaksudkan agar para siswa mendapatkan pendidikan, wawasan dan ilmu pengetahuan tentang pentingnya menjaga lingkungan sejak dini sehingga akan terbentuk karakter generasi muda yang mencintai alam. 

"Kita berharap para generasi penerus bangsa ini memiliki kecintaan yang besar terhadap alam. Sebab, mereka harus mencintai dan menjaga alam ini dengan baik," jelasnya.

Terpisah, Johan salah seorang tokoh masyarakat Desa Kota Agung juga menilai kegiatan yang dimotori oleh Kodim 0423/Bengkulu Utara ini sangatlah tepat. Pasalnya kawasan pesisir pantai di desanya itu memang lahan kritis yang membutuhkan penghijauan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: