Apakah Menyusui Anak Itu Wajib? Begini Penjelasannya dalam Alquran

Apakah Menyusui Anak Itu Wajib? Begini Penjelasannya dalam Alquran

Apakah Menyusui Anak Itu Wajib? Begini Penjelasannya dalam Alquran--

RADARUTARA.ID - Menurut anjuran para dokter kewajiban bagi seorang ibu setelah melahirkan adalah menyusui anaknya hingga berumur 2 tahun.

Pemberian ASI ini merupakan salah satu bentuk sumber makanan yang bisa dikonsumsi bayi ketika baru lahir ke dunia. ASI mampu memberikan asupan gizi yang sempurna yang tidak dapat digantikan oleh jenis susu apapun Bahkan makanan lainnya.

Dalam Alquran sendiri juga telah dianjurkan untuk memberi ASI kepada anak hingga usia 2 tahun. Selain itu pemberian ASI juga merupakan bentuk wujud syukur orang tua dapat memberikan sesuatu yang terbaik bagi anak mereka.

Pada dasarnya manusia ketika lahir ke dunia tidaklah memiliki daya dan upaya sehingga memerlukan orang tua dan peran ibu dalam membesarkan merawat hingga memberikan pengetahuan.

BACA JUGA:Siapakah Sebenarnya Sabdo Palon, Sosok Misterius yang Selalu Dikaitkan dengan Penguasa Tanah Jawa?

Yang kemudian semua itu akan menjadi bekal bagi kehidupannya di masa yang akan datang. Selain itu pemberian ASI yang tepat dengan pemberian gizi yang cukup pertumbuhan anak akan jauh lebih baik dan signifikan. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 233:

وَٱلْوَٰلِدَٰتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَٰدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ ٱلرَّضَاعَةَ ۚ وَعَلَى ٱلْمَوْلُودِ لَهُۥ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِٱلْمَعْرُوفِ ۚ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَآرَّ وَٰلِدَةٌۢ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَّهُۥ بِوَلَدِهِۦ ۚ وَعَلَى ٱلْوَارِثِ مِثْلُ ذَٰلِكَ ۗ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالًا عَن تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗ وَإِنْ أَرَدتُّمْ أَن تَسْتَرْضِعُوٓا۟ أَوْلَٰدَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُم مَّآ ءَاتَيْتُم بِٱلْمَعْرُوفِ ۗ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Arab-Latin: Wal-wālidātu yurḍi'na aulādahunna ḥaulaini kāmilaini liman arāda ay yutimmar-raḍā'ah, wa 'alal-maulụdi lahụ rizquhunna wa kiswatuhunna bil-ma'rụf, lā tukallafu nafsun illā wus'ahā, lā tuḍārra wālidatum biwaladihā wa lā maulụdul lahụ biwaladihī wa 'alal-wāriṡi miṡlu żālik, fa in arādā fiṣālan 'an tarāḍim min-humā wa tasyāwurin fa lā junāḥa 'alaihimā, wa in arattum an tastarḍi'ū aulādakum fa lā junāḥa 'alaikum iżā sallamtum mā ātaitum bil-ma'rụf, wattaqullāha wa'lamū annallāha bimā ta'malụna baṣīr

Artinya: "Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

BACA JUGA:Gunakan Mesin Blue Core, Yamaha Resmi Luncurkan Lexi LX 155 di Indonesia

Selain itu dalam ajaran agama Islam juga menyebut bahwa ASI merupakan makanan terbaik yang cocok diberikan kepada bayi hal tersebut dijelaskan dalam sebuah buku yang berjudul ASI dan Anjuran Menyusui karya. Nur Khotimah, M.Pd.J. Dalam surat Luqman ayat 14 juga dijelaskan:

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

Arab-Latin: Wa waṣṣainal-insāna biwālidaīh, ḥamalat-hu ummuhụ wahnan 'alā wahniw wa fiṣāluhụ fī 'āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-maṣīr

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

Dalam kisah nabi Musa yang tepatnya terdapat dalam Alquran surah Al qasas ayat 7 pentingnya memberi ASI kepada seorang bayi untuk memenuhi kebutuhan gizi dari masa kecil.

وَأَوْحَيْنَآ إِلَىٰٓ أُمِّ مُوسَىٰٓ أَنْ أَرْضِعِيهِ ۖ فَإِذَا خِفْتِ عَلَيْهِ فَأَلْقِيهِ فِى ٱلْيَمِّ وَلَا تَخَافِى وَلَا تَحْزَنِىٓ ۖ إِنَّا رَآدُّوهُ إِلَيْكِ وَجَاعِلُوهُ مِنَ ٱلْمُرْسَلِينَ

Arab-Latin: Wa auḥainā ilā ummi mụsā an arḍi'īh, fa iżā khifti 'alaihi fa alqīhi fil-yammi wa lā takhāfī wa lā taḥzanī, innā rāddụhu ilaiki wa jā'ilụhu minal-mursalīn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: