Naudzubillah! Meski Sholatnya Rajin, Tapi Tidak Diterima Oleh Allah Selama 40 Hari, Apa Penyebabnya?

Naudzubillah! Meski Sholatnya Rajin, Tapi Tidak Diterima Oleh Allah Selama 40 Hari, Apa Penyebabnya?

Meski Sholatnya Rajin, Tapi Tidak Diterima Oleh Allah Selama 40 Hari--

RADARUTARA.ID - Shalat merupakan suatu ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh setiap umat Islam, status salat sebagai ibadah wajib membuat salat apabila ditinggalkan mendapatkan dosa besar.

Namun ada beberapa dosa yang apabila kita kerjakan membuat Salat kita tidak diterima selama 40 hari lamanya. Dosa-dosa tersebut seringkali kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan bahkan banyak orang-orang menganggapnya sebagai hal biasa. Berikut penjelasannya:

BACA JUGA:7 Keistimewaan dan Manfaat Kayu Manis di Dunia Spiritual, Diantaranya Bisa Meningkatkan Aura Seseorang

1. Mendatangi Peramal

Salah satu bentuk dosa yang pertama adalah mendatangi peramal untuk mengetahui nasib di masa yang akan datang. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan sebagian istri Rasulullah SAW, mendatangi peramal dan menanyakan sesuatu padanya menyebabkan sholat tidak diterima selama 40 malam. Diriwayatkan,

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ لا عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً . رواه مسلم

Artinya: "Dari sebagian istri Nabi SAW, Nabi SAW bersabda, 'Barang siapa mendatangi tukang ramal lalu ia bertanya kepadanya tentang sesuatu, maka sholatnya tidak akan diterima 40 malam." (HR Muslim)

Yang dimaksud tidak diterima salatnya selama 40 hari dalam hadis tersebut adalah, orang tersebut tidak mendapatkan pahala atas salat yang ia kerjakan selama 40 hari, Namun salat tersebut tetap dapat menggugurkan kewajiban yang ada padanya. Hal tersebut dijelaskan

dalam Syarah Shahih Muslim seperti dinukil Brilly El-Rasheed dalam Al-Anfal: Syarah Ijmal, maksud tidak diterima sholatnya dalam hadits.

BACA JUGA:4 Ciri-ciri Anak yang Menjadi Pembuka Pintu Rezeki untuk Orangtuanya, Adakah Pada Anakmu?

2. Minum Khamar

Dalam sebuah hadits shahih yang termuat dalam Syarh Arbain an-Nawawiyyah yang disyarah oleh Abu Utsman Kharismanya.

لَا يَشْرَبُ الْخَمْرَ رَجُلٌ مِنْ أُمَّتِي فَيَقْبَلُ اللَّهُ مِنْهُ صَلَاةً أَرْبَعِينَ يَوْمًا

Artinya: "Tidaklah seseorang dari umatku minum khamar, kemudian Allah terima sholatnya 40 hari." (HR an-Nasa'i dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwasanya seseorang yang meminum khamr maka salatnya tidak akan diterima selama 40 hari lamanya. Sekaligus Ia mendapatkan dosa atas perbuatan yang telah ia lakukan tersebut.

3. Sholatnya Wanita yang Dimarahi Suami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: