Ketahui, Ini Doa yang Dipanjatkan Saat Mencium dan Menyentuh Hajar Aswad

Ketahui, Ini Doa yang Dipanjatkan Saat Mencium dan Menyentuh Hajar Aswad

Ketahui, Ini Doa yang Dipanjatkan Saat Mencium dan Menyentuh Hajar Aswad--

RADARUTARA.ID - Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang mempunyai banyak pahala dan syafaat dari Allah SWT.

Ketika beribadah haji, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh umat Muslim. Salah satunya yakni tawaf, yang artinya kegiatan mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali.

Ketika melakukan tawaf, umat Islam juga akan melewati Hajar Aswad, sebuah batu istimewa yang letaknya di sudut timur laut Ka'bah.

Batu Hajar Aswad ini dianggap suci oleh umat islam. Hampir seluruh umat Muslim ingin melihat, menyentuh, bahkan mencium batu tersebut secara langsung.

BACA JUGA:Bagaimana Akhir Nasib Ashabul A'raf? Manusia yang Perilaku Baik dan Buruknya Seimbang Selama di Dunia

Lantaran diinginkan oleh banyak orang, melihat sampai mencium Hajar Aswad tentu bukanlah perkara yang mudah. Meskipun begitu, tak ada salahnya bagi kamu yang akan melakukan ibadah haji untuk mencobanya.

Ada doa yang harus dipanjatkan ketika melihat, menyentuh, atau bahkan bisa mencium Hajar Aswad. Berikut ini doanya:

Bismillâhi wa-Llâhu akbar allâhumma îmânan bika wa tashdîqan bikitâbika wa wafâ'an bi 'ahdika wat tibâ'an li sunnati nabiyyika muhammadin shallallâhu 'alaihi wa sallam.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah, Allah maha besar. Ya Allah, seraya iman kepada-Mu, membenarkan kitab-Mu, menepati janji kepada-Mu, serta mengikuti sunah Nabi-Mu, Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam."

BACA JUGA:Tak Disangka, Ternyata Air Hujan Memiliki Khasiat Luar Biasa di Dunia Spiritual, Bisa Jadi Obat Semua Penyakit

Jika memang tidak memungkinkan untuk menghafal doa tersebut, maka dipersilahkan pula membaca doanga sesuai dengan bahasa masing-masing, contohnya doa bahasa Indonesia: 

Wahai Hajar Aswad saksikanlah bahwa aku iman kepada Allah dan Rasulullah, percaya kepada Al-Quran dan sunnah Nabi Muhammad.


Sebagai informasi tambahan, mengusap Hajar Aswad itu hukumnya sunnah dan sebaiknya dikerjakan ketika rampung rukun manasik, dan fokus untuk dalam menunaikan rukun haji umrah terlebih dahulu. Supaya stamina tetap terjaga ketika menjalankan rukun haji.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: