Naudzubillah, 10 Golongan Ini Amal Sholatnya Tertolak Meski Taat, Siapa Sajakah Mereka?

Naudzubillah, 10 Golongan Ini Amal Sholatnya Tertolak Meski Taat, Siapa Sajakah Mereka?

Amalan sholat yang ditolak meski sudah melaksanakan dengan taat--

RADARUTARA.ID - Shalat merupakan amalan wajib yang harus dikerjakan oleh setiap umat Islam, akan tetapi dalam proses pengerjaannya tidak semua amalan Salat diterima oleh Allah SWT.

Ada beberapa golongan orang-orang Yang salatnya tidak mendapatkan ganjaran pahala. Allah subhanahu wa ta'ala telah berjanji akan memberikan ganjaran kebaikan kepada hambanya yang mengerjakan ibadah. Termasuk dalam hal ini salat.

Ketika salat dikerjakan dengan ikhlas hanya mengharapkan ridho Allah SWT maka kita akan mendapatkan balasan berupa surga titik-titik Akan tetapi jika dikerjakan hanya Karena mengharapkan perhatian dari manusia maka Allah SWT akan menolak amal ibadahnya. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman di dalam Alquran surah al-bayyinah ayat ke-5, dimana di sana dijelaskan bahwasannya syarat diterimanya amal seorang hamba adalah niat yang ikhlas.

وَمَآ أُمِرُوٓا۟ إِلَّا لِيَعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ حُنَفَآءَ وَيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ ٱلْقَيِّمَةِ

Artinya: "Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus."

BACA JUGA:8 Khasiat dan Kegunaan Bunga Kantil dalam Dunia Spiritual, Diantaranya Mendeteksi Kesucian Calon Pengantin

Adapun salat merupakan amalan yang pertama kali dihisab sebelum amalan-amalan lainnya. Seperti yang tertera di dalam hadis Rasulullah SAW yang artinya: 

"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika sholatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari sholat wajibnya, maka Allah Ta'ala berfirman, 'Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah.' Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari sholat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya," (HR Tirmidzi).

Sementara golongan orang-orang yang salat yang tidak diterima seperti yang dijelaskan di dalam kitab Nashaihul 'Ibad Syarh Al Munabbihaat 'Alal Isti'daad Li Yaumil Ma'aad karya Muhammad Nawawi bin 'Umar Al-Jawi, Ada sejumlah golongan orang-orang Yang salatnya ditolak oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda,

عشرة نفر لن يقبل الله تعالى صلاتهم

Artinya: "Sepuluh orang yang sholatnya tidak diterima Allah SWT,"

BACA JUGA:Bagaimana Akhir Nasib Ashabul A'raf? Manusia yang Perilaku Baik dan Buruknya Seimbang Selama di Dunia

Rasulullah juga merinci satu persatu golongan tersebut yang diantaranya:

1. Orang yang tidak membaca alfatihah dalam sholatnya,

2. Orang yang enggan mengeluarkan zakat dari hartanya,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: