Camat Nilai Banjir Masih Sulit Dihindari Karena Hal ini

Camat Nilai Banjir Masih Sulit Dihindari Karena Hal ini

Camat Air Besi Melaksanakan Monitoring Desa Rawan Banjir, pada Rabu (10/1/2024)--

RADARUTARA.ID- Kecamatan Air Besi merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bengkulu Utara yang rentan terhadap banjir saat musim hujan tiba.

Oleh karena itu, mengawali tugasnya sebagai Camat Air Besi, Syahru Ramadan melakukan peninjauan lokasi rawan banjir pada Rabu (10/1/2024).

Dalam peninjauan itu, camat yang baru saja dilantik ini melakukan pengecekan alur sungai yang sering kali meluap saat hujan melanda, diantaranya itu di wilayah Desa Sungai Pura dan Tanjung Genting dan Talang Pungguk.

"Dari peninjauan yang kami lakukan, Alhamdulillah hari ini tidak terjadi luapan sungai meski suasana hujan," ujarnya usai peninjauan wilayah rawan banjir pada Rabu (10/1/2024).

BACA JUGA:Musrenbangcam 2025 Dilaksanakan Akhir Januari, Berikut Jadwalnya

Berdasarkan pemantauan dan pengamatan yang ia lakukan, potensi banjir luapan sungai di sejumlah desa di Kecamatan Air Besi ini pihaknya nilai, memang sulit untuk di hindarkan. Pasalnya, posisi murai sungai lebih tinggi di banding dengan alur sungai yang ada di Kecamatan Air Besi.

"Oleh karena itu pada setiap musim hujan tiba dan air di muara sungai itu penuh. Maka air nya akan meluap di sepanjang jalur sungai. Ini sulit untuk diantisipasi, sekalipun dilakukan pendalaman alur sungai. Sebab, posisi muara sungai kan lebih tinggi" katanya.

Melihat situasi ini, pihaknya hanya bisa menghimbau kepada masyarakat dan pemerintah desa agar selalu waspada saat hujan lebat melanda.

"Harapan kami setiap banjir tiba tidak ada korban jiwa dan kerugian materil yang besar di masyarakat. Sebab, ini soal alam yang memang masih sulit untuk kita hindari," jelasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: