Instansi Pemerintah Diminta Segera Usulkan Formasi ASN 2024

Instansi Pemerintah Diminta Segera Usulkan Formasi ASN 2024

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja--

RADARUTARA.ID - Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan bahwa formasi rekrutmen ASN tahun 2024 akan kembali dibuka dengan kuota sebanyak 2,3 juta formasi.

Menindak lanjuti hal itu, Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Aba Subagja, mengimbau kepada seluruh instansi pemerintah agar segera mengusulkan formasi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk PNS dan PPPK.

Ia berharap, agar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi ini dengan baik dan diusulkan sesuai kebutuhan, sehingga reformasi birokrasi bisa terwujud secara optimal melalui peran SDM yang mumpuni.

"Pengajuan usulan kebutuhan ASN tahun 2024 akan dibuka sampai dengan 31 Januari 2024. Pengusulan tersebut harus sudah disampaikan daerah atau instansi kepada Kementerian PANRB melalui aplikasi formasi elektronik (e-formasi)," kata Aba, dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (10/1/2024).

BACA JUGA:Bukan Selingkuh, Oknum Kades Diduga Naksir Anak ABG

Terkait jadwal pelaksanaan rekrutmen CASN 2024, Pihaknya menyebut rencananya akan digelar paling banyak 3 kali pada tahun ini. Yang mana untuk tahap pertama akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024. 

"Ini ditargetkan bulan Mei sudah dilakukan tes CPNS dan PPPK, dan jika masih kosong, masih bisa tes di berikutnya," ungkapnya.

Aba mengatakan, untuk seleksi tahun ini, pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate. Para lulusan baru dapat mengikuti seleksi, baik untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan sektor penting lainnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: