Waspada, Ini Wilayah yang Sudah Masuk Puncak Musim Hujan

Waspada, Ini Wilayah yang Sudah Masuk Puncak Musim Hujan

Waspada, Ini Wilayah Yang Sudah Masuk Puncak Musim Hujan--

RADARUTARA.ID - Pada awal tahun 2024 BMKG telah memprediksi bahwa bakal terjadi musim penghujan pada Januari hingga Februari 2024.

Namun beberapa wilayah di Indonesia sudah memasukinya puncak musim penghujan beberapa wilayah tersebut mulai dari Jambi bagian barat, Sumatera bagian selatan Sebagian besar Pulau Jawa Bali, Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur, Sebagian Kalimantan Tengah Sebagian Kalimantan Selatan Sebagian Sulawesi bagian utara Sebagian Maluku Utara Papua Barat bagian selatan Papua bagian barat.

Beberapa wilayah tersebut diminta untuk lebih waspada karena dikhawatirkan musim hujan juga sangat rawan dengan bencana alam.

Disisi lain Berbeda dari prakiraan BMKG yang menyebut puncak musim hujan 2024 Januari-Februari, BRIN menyebutkan bahwa puncak Musim Penghujan hanya akan terjadi sampai akhir Januari.

BACA JUGA:Menuju CPNS 2024, Cek Disini Link Pendaftaran dan Persyaratannya Secara Lengkap!

Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Eddy Hermawan mengungkapkan, musim hujan pada 2024 kemungkinan akan lebih pendek.  Hal ini dikarenakan fenomena El Nino yang bakal memicu hujan akan molor dan rampung lebih awal.

"Musim hujan mestinya dimulai Desember dan berakhir pada Februari, akan tetapi tampaknya hanya akan sampai bulan Januari," ujarnya.

Edi juga mengungkapkan, fenomena yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia dipengaruhi oleh Monsun Asia ataupun angin barat.

Sementara  itu, memang ada sedikt perbedaan puncka musim hujan akan tetapi Terlepas dari semua itu Baik BRIN Maupun BMKG Juga sepakat bahwa masim hujan bakal terjadi pada bulan Januari. Oleh sebab itu kewaspadaan harus terus ditingkatkan.

BACA JUGA:Mengerikan! Inilah Kisah Kematian Paling Tragis dalam Dunia Pewayangan

Pada awal tahun 2024 ini beberapa wilayah di Indonesia memang telah diterjang oleh cuaca Ekstrim, akan tetapi hal tersebut belum menjadi puncaknya, lantas kapan puncak musim hujan pada tahun 2024 ini?

Cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa wilayah ditandai dengan hujan deras angin kencang dan juga petir. 

BMKG pun memprediksi bahwa ini puncak musim hujan yang bakal terjadi di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan, puncak musim hujand di Indonesia diperkirakan bakal terjadi pada januari hingga Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: