Jauh Lebih Makmur, Padahal Dulunya 6 Negara Ini Bagian dari Indonesia

Jauh Lebih Makmur, Padahal Dulunya 6 Negara Ini Bagian dari Indonesia

Jauh Lebih Makmur, Padahal Dulunya 6 Negara Ini Bagian dari Indonesia--

RADARUTARA.ID - Indonesia merupakam salah satu negara besar yang ada di dunia dan berbentuk kepulauan. Dulunya, Indonesia mempunyai wilayah yang lebih besar dari sekarang ini berkat kekuasaan kerajaan-kerajan yang berbasis di Indonesia.

Saking hebatnya kekuasaan para raja di Indonesia, ternyata ada beberapa negara maju yang dulunya adalah bagian dari kekuasaan kerajaan-kerajaan tersebut.

Paling tidak, ada 6 negara tetangga yang dulunya tergabung dalam satu wilayah kekuasaan Nusantara. Lalu, negaga apa sajakah itu? Berikut ini enam negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia.

BACA JUGA:Ini Hewan dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Bernafas di Dalam Air

1. Timor Leste (Timor Timur)

Indonesia mempunyai sejarah yang panjang dengan Timor Timur yang saat ini menjadi Timor Leste.

Sempat menjadi bagian dari Tanah Air, rakyat Timor Timur menyuarakan keinginan mereka untuk berpisah dengan Indonesia.

Pada tahun 1999, Presiden BJ Habibie melakukan referendum dan dimenangkan oleh kelompok pro kemerdekaan, sehingga Timor Timur melepaskan diri dari Tanah Iar yang kemudian mengubah namanya menjadi Timor Leste seusai menjadi negara merdeka.

2. Filipina

Filipina pernah menjadi bagian dari Tanah Air pada masa Kerajaan Majapahit. Beberapa ahli sejarah meyakini bahwa penaklukan Filipina terjadi pada masa Raja Hayam Wuruk.

Waktu itu, sang raja dan patihnya Gadjah Mada ingin menjadikan Majapahit sebagai kerajaan yang besar. Wilayah kekuasaan Majapahit meliputi Nusantara, Semenanjung Malaya, sampai Filipina.

BACA JUGA:Seekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Kawasan HPT Air Ipuh, Ini Penyebabnya

3. Singapura

Dulunya, Singapura disebut dengan Temasek, Tumasik, atau Kota Laut (Sea Town). Posisi Singapura dianggap sangat strategis sebagai pusat perdagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: