4 Sektor Ini Akan Dilibatkan dalam Proses Verifikasi APBDes 2024

4 Sektor Ini Akan Dilibatkan dalam Proses Verifikasi APBDes 2024

APBDes--

RADARUTARA.ID- Sedikitnya ada 5 sektor akan dilibatkan langsung di dalam proses verifikasi APBDes TA 2024. Ke 5 sektor yang akan dilibatkan untuk memelototi dokumen APBDes masing-masing desa, itu diantaranya adalah tenaga kesehatan dari Puskesmas, tenaga penyuluh, PLKB, pendamping desa dan pemerintah di kecamatan.

Diharapkan dengan terlibatnya ke 5 sektor ini dalam proses verifikasi dokumen APBDes di TA 2024, ini. Pengelolaan dana desa (DD) di TA 2024 mendatang akan jauh lebih optimal di banding tahun-tahun sebelumnya.

"Supaya program skala prioritas yang harus dilaksanakan desa nanti terarah dan memberi output langsung ke masyarakat dan kemajuan desa. Sehingga ke 5 sektor, ini kita libatkan langsung untuk memverifikasi dokumen APBDes di TA 2024," ungkap Camat Putri Hijau, Ahmadi, melalui Kasi PMD, Posma Gultom, SE.

BACA JUGA:Desa di Pinang Raya Diminta Siaga Hadapi Bencana, Camat: Stok Logistik Lumbung Sosial Aman

Dikatakan Posma, secara teknis ke 5 sektor yang terlibat di dalam proses verifikasi APBDes, ini akan fokus ke bidang masing-masing.

"Seperti penyuluh, nantinya akan fokus mendampingi desa dalam merencanakan dan mengeksekusi program ketahanan pangan, PLKB akan berfungsi di sektor kasus stunting, Puskesmas akan fokus ke program ODF dan lain sebagainya. Dan secara umum pendamping desa dan kami dari kecamatan akan berperan dari sisi regulasi," tegasnya.

Lebih jauh, Posma, mengatakan, tahapan verifikasi APBDes 2024 kepada masing-masing desa di wilayah kerjanya, ini akan dimulai pekan depan. 

"Hari ini kami dari tim verifikasi sudah berkoordinasi. Selanjutnya kita targetkan pekan depan tahapan verifikasi, itu sudah kita mulai," demikian Posma.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: