Kuota Pupuk Subsidi Provinsi Bengkulu Tahun 2024 Menurun Drastis

Kuota Pupuk Subsidi Provinsi Bengkulu Tahun 2024 Menurun Drastis

Kuota pupuk subsidi di Bengkulu--

RADARUTARA.ID- Kuota bantuan pupuk subsidi Provinsi Bengkulu tahun anggaran 2024 telah dirilis oleh Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia. 

Adapun alokasi jatah pupuk subsidi Provinsi Bengkulu tersebut yaitu berjumlah 32,917 Ton dengan rincian 15,378 Ton Pupuk Urea dan 17,539 Ton Pupuk NPK.

Kouta ini terhitung jauh lebih sedikit dibandingkan dengan alokasi pupuk subsidi tahun anggaran 2023. Berdasarkan keterangan resmi Pemerintah Provinsi Bengkulu kouta pupuk subsidi dari pemerintah pusat di tahun lalu mencapai 83.912 ton, dengan rincian NPK 42.212 ton dan pupuk urea 41.700 ton. 

Dilansir dari halaman bengkuluprov.go.id pada Kamis (4/3/2023). Kepala Bidang PSP Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu Helmi Yuliandri  membenarkan bantuan pupuk subsidi yang diterima oleh Pemprov Bengkulu tahun anggaran 2024 ada sebanyak 32,917 Ton.

BACA JUGA:Korban Hanyut Dikabarkan Sudah Ketemu, Pemdes Lubuk Jale : Itu Anak Korban Pingsan

Namun demikian, bantuan pupuk subsidi yang dialokasikan pemerintah pusat melalui Kementan itu bisa saja bertambah bilamana serapan maupun permintaan pupuk di petani meningkat.

"Apabila bulan 6 atau bulan 7 nanti permintaan pupuk subsidi meningkat. Maka pemerintah  akan mendistribusikan kembali. Ini memang berbeda seperti distribusi tahun lalu kalau tahun lalu kan disiapkan pagu awal 27 ribu mereka siapkan. Kalau sekarang tidak karena mengingat anggaran,” kata Helmi.

Helmi juga menambahkan, guna percepatan pendistribusian pupuk subsidi ke masyarakat. Gubernur Bengkulu, Rohidin pun akan segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) terhadap pendistribusian Pupuk Subsidi ini.

Ia menargetkan, pada Minggu pertama Januari bantuan Pupuk Subsidi sudah bisa didistribusikan ke seluruh Kabupaten maupun Kota.

“Sudah kita siapkan SK Gubernurnya untuk didistribusikan ke Kabupaten dan Kota, teman-teman Kabupaten saat ini sudah membuat draft SK Bupati. Nanti di minggu pertama Insyallah sudah kita distribusikan,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: