14 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Sepanjang Sejarah Dunia

14 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Sepanjang Sejarah Dunia

14 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Sepanjang Sejarah--

RADARUTARA.ID- Gunung berapi adalah salah satu kekuatan alam yang paling dahsyat. Letusan Gunung berapi dapat menyebabkan kerusakan dan korban jiwa yang sangat besar. Nyatanya ada banyak kasus ledakan Gunung berapi yang bisa membuat hancur satu wilayah maupun menjadi salah satu destinasi wisata baru.

Berikut adalah 14 letusan gunung berapi terbesar sepanjang sejarah, berdasarkan skala Volcanic Explosivity Index (VEI):

1. Gunung La Garita (Amerika Serikat)

Meletus sekitar 27,8 juta tahun lalu, gunung berapi ini memuntahkan material sebanyak 5.000 kilometer kubik. Kekuatan letusan ini diperkirakan mencapai 8 VEI, menjadikannya letusan gunung berapi terbesar yang pernah terjadi di Bumi.

BACA JUGA:Info Terbaru : Korban Hanyut Warga Desa Lubuk Jale Ditemukan Pagi Ini

2. Gunung Toba (Indonesia)

Meletus sekitar 74.000 tahun lalu, gunung berapi ini memuntahkan material sebanyak 2.800 kilometer kubik. Kekuatan letusan ini diperkirakan mencapai 7 VEI. Letusan ini menyebabkan musim dingin global selama 6 tahun, yang mengakibatkan kepunahan massal di Bumi.

3. Gunung Thera (Yunani)

Meletus sekitar 1645-1300 SM, gunung berapi ini memuntahkan material sebanyak 360 kilometer kubik. Kekuatan letusan ini diperkirakan mencapai 6 VEI. Letusan ini mungkin menyebabkan munculnya legenda kota Atlantis yang tenggelam.

4. Gunung Vesuvius (Italia)

Meletus pada tahun 79 M, gunung berapi ini menghancurkan seluruh kota Pompeii dan Herculaneum. Kekuatan letusan ini diperkirakan mencapai 5 VEI.

BACA JUGA:Jokowi Minta Kades Belanjakan Uang Dana Desa di Wilayah Masing-masing

5. Gunung Ilopango (El Salvador)

Meletus pada tahun 540 M, gunung berapi ini memuntahkan material sebanyak 250 kilometer kubik. Kekuatan letusan ini diperkirakan mencapai 6 VEI. Letusan ini menghancurkan pemukiman Suku Maya di El Salvador.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: