Disini, Tempat Beli Pendap dan Lemang Tapai Terenak di Bengkulu!

Disini, Tempat Beli Pendap dan Lemang Tapai Terenak di Bengkulu!

Disini, Tempat Beli Pendap dan Lemang Tapai Terenak di Bengkulu!--

RADARUTARA.ID - Bagi wisatawan penikmat kuliner yang sedang mampir ke Kota Bengkulu bisa mencicipi makanan khas dari daerah ini yang bernama Pendap dan  Lemang Tapai. Mencari kuliner ini buka hal yang sulit melainkan bisa dijumpai di dua sentra berbeda yaitu Lemang Tapai berada di Kelurahan Sungai Serut, dan Pendap berada di Kelurahan Tanjung Agung.  

Lemang tapai adalah salah satu cemilan tradisional, sementara Pendap merupakan menu penghidang makanan yang populer akan kelezatannya yang tiada tara.  

Lemang terbuat dari beras ketan putih yang di bumbui dengan kemiri dan bawang putih, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar di dalam bambu yang telah dilubangi selama kurang lebih empat hingga lima jam.

Sementara tapainya terbuat dari ketan hitam yang difermentasikan dengan ragi sekitar dua hari dua malam sampai berair dan beraroma. 

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Hari ini 2 Januari 2024, Bengkulu Utara Hujan dan Badai Petir

Cara penyajiannya, lemang yang sudah masak disiram dengan ketan hitam yang telah di fermentasikan. Rasanya tentu saja gurih dan nikmat yang pastinya bikin ketagihan.

Sedangkan Pendap merupakan ikan yang diolah dengan menggunakan bumbu khusus bersama dengan kelapa parut yang dimasak dalam bungkusan daun talas atau daun pisang mirip dengan ikan pepes.

Kuliner ini cocok dinikmati bersama dengan masakan bersantan dan kuah pedas dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas.

Jajanan Lemang Tapai biasanya banyak dijual di pusat oleh-oleh khas Bengkulu. Tetapi umumnya wajib berdasarkan pemesanan. 

BACA JUGA:Pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024 Hari Ini Dibuka! Berikut Jadwal dan Syaratnya

Berbeda kalau kita membeli langsung di sentranya langsung yang berlokasi di Jalan Sungai Serut Kelurahan Sungai Serut. Di sepanjang jalan ini, Lemang Tapai dapat dijumpai setiap hari.

Ada sebanyak 10 penjual Lemang Tapai yang berjualan disini. Mulai dari Simpang Sungai Serut hingga jembatan sebelum Lingkar Barat.

Lemang Tapai yang dijual mempunyai dua rasa, yaitu original dan yang bercampur ketan tapai manis. Satu porsinya biasanya dijual dengan harga Rp5.000 potongan kecil dan Rp25.000 potongan besar.

Cemilan tradisional kesukaan masyarakat melayu ini kerap disajikan sebagai oleh-oleh atau hantaran dalam suatu ritual acara seperti acara pernikahan hingga khitanan. Umumnya, Lemang dipotong menjadi tipis-tipis ketika disajikan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: